Berencana Serang Komunitas Muslim, 4 Pria Ditahan di AS

Berencana Serang Komunitas Muslim, 4 Pria Ditahan di AS
 
INILAH, – Empat pria, tiga diantaranya remaja, di New York ditangkap dan didakwa petugas setempat karena merencanakan penyerangan ke pemukiman komunitas Muslim Islamberg di New York. Petugas menemukan beberapa alat peledak dan puluhan senjata. 
 
Empar remaja yang ditangkappetugas  masing-masing, berusia 20, 19, dan 18, dan seorang anak laki-laki berusia 16 tahun pada hari Jumat (18/1), dan menemukan alat peledak di rumah anak berusia 16 tahun itu. 
 
Keempatnya dituduh dengan kepemilikan senjata berbahaya dan satu tuduhan konspirasi, semuanya tindak pidana berat. Tersangka termuda telah didakwa sebagai pelaku remaja. Di antara mereka, keempatnya memiliki akses ke 23 senjata, kata Kepala Polisi Patrick Phelan. 
 
Phelan seperti dikutip rt.com mengatakan, penyelidikan awalnya dimulai setelah seorang anak di sekolah menengah Yunani mendengar seorang teman sekelas curiga pada salah satu remaja yang terlibat sebagai "penembak sekolah berikutnya," dan mengatakan kepada staf sekolah.
 
Sasaran mereka diduga Islamberg, sebuah dusun pedesaan di pegunungan Catskill. Dihuni oleh seorang ulama Pakistan pada 1980-an, Islamberg adalah rumah bagi beberapa ratus Muslim dan merupakan markas besar Muslim Amerika, sebuah organisasi yang menjalankan pemukiman serupa di seluruh negeri.
 
Pegunungan Catskill merupakan daerah dingin, dan tampak sebagai tempat yang tidak mungkin ditempati seorang ulama Pakistan untuk menetap, tetapi Sheikh Mubarik Gilani membuat langkah di sana lebih dari tiga dekade lalu. Tempat itu sengaja dipilih untuk menghindari kejahatan dan kepadatan di New York City. Sebagian besar pengikut muslim ditempat itu berasal dari Afrika-Amerika. Komunitas muslim disana sengaja memilih lokasi tersebut untuk membesarkan anak-anak mereka.
 
Muslim Islamberg sangat berhati-hati dalam memberikan akses kepada pers. Dalam liputan beberapa wartawan yang diberi akses terbatas, pada 2017 melihat bangunan yang memadukan tradisi Islam dengan lumbung dan papan yang juga sudah menjadi tradisi di tempat itu. Para pemukim cenderung memelihara binatang, bekerja di wilayah setempat dan mendidik anak-anak mereka di rumah, bebas dari pengaruh Barat.
 
Desas-desus terorisme dan fundamentalisme telah membanjiri Islamberg sejak Gilani pertama kali membeli tanah di sana, dan penangkapan akhir pekan adalah yang terbaru dari serangkaian ancaman dan tuduhan.
 
Sebelumnya, seorang lelaki Tennessee dihukum hampir 20 tahun penjara karena berusaha mengumpulkan milisi untuk membakar masjid Islamberg dan menghantam kota itu dengan "serangan bersenjata" pada tahun 2015. 
 
Setiap tahun sejak 2015, sekelompok pengendara motor anti-Muslim menyebut diri mereka ' Bikers Amerika Bersatu melawan Jihad 'bergemuruh di kota dalam sebuah acara yang mereka sebut' Naik untuk Keamanan Nasional. '
 
Muslim of America, organisasi yang didirikan oleh Gilani, adalah cabang dari Jamaat ul-Fuqra, untuk sementara waktu terdaftar sebagai kelompok teroris oleh Departemen Luar Negeri AS pada tahun 1999. Jamaat ul-Fuqra bertanggung jawab atas serangkaian pemboman dan plot pembunuhan di AS dan Kanada sepanjang 1980-an, dan para pengkhotbahnya dilaporkan menginstruksikan pengikut muda untuk melakukan perjalanan ke Afghanistan untuk bergabung dengan Mujahidin dalam perjuangan mereka melawan Soviet.
 
Namun, tidak ada bukti langsung yang menghubungkan Gilani atau Islamberg dengan aktivitas jihad. Polisi di daerah itu mengatakan kepada AP bahwa mereka memiliki hubungan yang baik dengan Muslim, dan  masyarakat luas di daerah itu. Liga Anti-Pencemaran Nama Baik mengatakan bahwa sementara beberapa retorika Gilani pada orang-orang Yahudi adalah "keprihatinan," ulama itu bukan ancaman teror.
 

Loading...