Sudah Masuk Kerja, ASN Pemprov Jabar Masih Jalankan FWA

Sudah Masuk Kerja, ASN Pemprov Jabar Masih Jalankan FWA
net

INILAH, Bandung - Sejumlah aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat kembali melalukan aktivitas pekerjaan setelah libur Lebaran 1441 Hijriyah, pada Selasa (26/5/2020). Kendati demikian, masih menerapkan kebijakan bekerja dari rumah dengan mekanisme sistem kerja fleksibel.

Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran Sekda (SE) Jabar nomor 800/30/BKD yang ditandatangani Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja. SE juga merupakan tindak lanjut pernyataan Presiden RI dan Surat Edaran Menteri PAN-RB Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah serta SE Gubernur Jabar Nomor 400/28/Hukham tentang  Penanggulangan Pandemi Covid-19.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jabar Yerry Yanuar yang memastikan seluruh ASN di lingkungan Pemprov Jabar masih menerapkan kebijakan flexibel working arrangement (FWA) sebagai upaya mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).

"Iya, benar (ASN masih menerapkan FWA pasca libur lebaran)," tegas Yerry melalui ponselnya, Selasa (26/5/2020).

Kebijakan FWA sendiri berlaku untuk para pejabat pengawas, pejabat fungsional non pelayanan, dan pejabat pelaksana di lingkungan instansi Pemprov Jabar yang dimungkinkan untuk melaksanakan tugas dari rumah masing-masing dengan tetap melaporkan kegiatan kerja mereka kepada para pejabat administrator di satuan kerja masing-masing.

Kendati demikian, kebijakan FWA tidak berlaku bagi para pejabat pimpinan tinggi dan pejabat administrator serta ASN di Dinas/Badan/Biro Pemprov Jabar yang bertugas melayani langsung aparatur maupun masyarakat. Mereka diminta tetap menjalankan tugas dan fungsi sebagaimana mestinya dengan menaati dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta seluruh ASN untuk bekerja lebih giat pasca-Idul Fitri 1441 Hijriah. Pasalnya, kata dia, ASN tidak terlalu terdampak Covid-19 khususnya dari segi finansial.

"Jangan lupa bersyukur. Kelompok paling tidak terdampak Covid-19 adalah ASN. Ketika tidak terdampak, maka kerjanya harus lebih, kita tunjukkan ke masyarakat kita adalah yang terbaik untuk mereka," tegas Ridwan Kamil, Senin (25/4/2020) kemarin. (Rianto Nurdiansyah)