Kasus Covid-19 di Garut Tersebar di Seluruh Kecamatan

Kasus Covid-19 di Garut Tersebar di Seluruh Kecamatan
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut - Saat ini, kasus Covid-19 di Kabupaten Garut terus bertambah dan telah tersebar di semua kecamatan yang berjumlah sebanyak 42 kecamatan, mulai wilayah utara, tengah, hingga selatan.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut mencatat, dari sebanyak 3.486 kasus Covid-19 terjadi di Garut hingga 26 Mei 2020, kasus ODP (orang dalam pemantauan) telah menyebar di seluruh kecamatan.

"Kasus ODP terbanyak di satu kecamatan mencapai 166 kasus dan paling sedikit satu kasus," kata Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Garut Muksin, Selasa (26/5/2020).

Kasus ODP sendiri mencapai sebanyak 2.589 kasus, terdiri atas 157 kasus masih pemantauan; 5 kasus dalam perawatan; dan 2.427 selesai pemantauan dengan 13 orang di antaranya meninggal.  
Sedangkan sebaran kasus pasien dalam pengawasan (PDP) mencapai lebih setengah dari jumlah kecamatan yang ada, tepatnya mencapai sebanyak 27 kecamatan. Jumlah kasus PDP di Garut saat ini mencapai sebanyak 64 kasus, terdiri atas 6 kasus sedang dalam perawatan dan 58 kasus selesai pengawasan dengan 14 orang di antaranya meninggal.

Kasus oorang tanpa gejala (OTG) tersebar di sebanyak 15 kecamatan, dan kasus positif tersebar di 9 kecamatan. Jumlah kasus OTG sendiri mencapai sebanyak 820 kasus, terdiri atas 388 kasus masih dalam tahap observasi dan 432 kasus selesai masa observasinya tanpa ada kasus kematian.

Kasus konfirmasi positif Covid-19 mencapai sebanyak 13 kasus tersebar di 9 dari 42 kecamatan yang ada. Dari sebanyak 13 kasus positif itu, tiga orang di antaranya masih dalam perawatan, 8 orang sembuh, dan dua orang meninggal dunia. Kesembilan kecamatan terdapat kasus positif Covid-19 itu yakni Kecamatan Selaawi, Cibatu, Banyuresmi, Wanaraja, Garut Kota, Cigedug, Cikajang, Cisurupan, dan Kecamatan Tarogong Kaler.

"Penambahan laporan kasus hari ini, tiga ODP dari Kecamatan Pakenjeng dan Kecamatan Karangpawitan, serta dua PDP dari Kecamatan Karangpawitan dan Kecamatan Kersamanah. Pasien saat ini sedang dilakukan proses perawatan di RSUD dr Slamet Garut," kata Muksin.

Muksin yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut itu juga kembali mengajak masyarakat senantiasa waspada dengan tetap menghindari kerumunan, melakukan physical distance, menggunakan masker, dan rajin cuci tangan.

"Kita berharap dengan upaya bersama yang kita lakukan secara konsisten, pandemi Covid 19, khususnya di Kabupaten Garut segera berakhir," ujarnya. (Zainulmukhtar)