Aya-aya Wae...Ada Penonton Palsu di Laga Dortmund-Bayern

Aya-aya Wae...Ada Penonton Palsu di Laga Dortmund-Bayern

INILAH, Dortmund - Bertarung di stadion tanpa penonton menjadi aneh di sepak bola. Maka, Borussia Dortmund mencari akal. Mereka memutarkan rekaman suara penonton. Tentu saja palsu, seolah-olah penonton ada.

Itulah yang mereka lakukan saat menjamu Bayern Munchen dalam pertarungan menentukan Kompetisi Bundesliga, Selasa (26/5). Dalam pertandingan tersebut, Dortmund tak hanya kalah 0-1, tapi juga kehilangan bintang barunya, Erling Haaland yang cedera.

Selain kekalahan, kehadiran suara penonton palsu itu memicu perhatian. Beragam reaksi muncul dari publik. Ada yang menyebutnya seperti aneh.

Bayern Munchen sudah unggul 1-0 di babak pertama di stadion tertutup itu. Tapi, fokus lebih banyak adalah munculnya suara seolah-olah penonton sedang ramai, untuk memberi impresi bahwa stadion dipenuhi fans sepak bola.

"Mereka memasang kebisingan penonton palsu dalam pertandingan di Dortmund dan suaranya terdengar sangat tidak alamiah," sebut Andrew, seorang pengguna media sosial.

Ada pula yang menilai itu pilihan yang baik, meski tak membantu sama sekali. "Laga Munchen versus Dortmund bukanlah cara yang buruk untuk mengawali pekan yang pendek ini. Mereka menghadirkan suara penonton yang sedikit membantu, tapi tetap aneh karena tak ada fans," tambah Chad Benson.

Fans lainnya, Disney Gary Clark menyatakan terang-terangan tak suka suara penonton palsu itu. "Saya benci kebisingan penonton palsu yang mereka gunakan dalam pertandingan Dortmund-Bayern ini. Rasanya aneh."

Bagaimanapun, tak semua penggemar sepak bola yang tak menyukai gimmick yang dilakukan dalam duel dua klub papan atas itu. "Orang yang mengontrol suara penonton di Dortmund itu seorang legenda," kicau seorang pengguna twitter.

Bayern yang menang 1-0, kini makin mengatkan posisinya di puncak klasemen Bundesliga. Sebelum pertandingan, mereka sudah memimpin dengan keunggulan empat poin.