Bottas ke Red Bull, Mercedes Duetkan Hamilton-Vettel

Bottas ke Red Bull, Mercedes Duetkan Hamilton-Vettel

INILAH, London - Di tengah absennya balapan, Formula 1 kini tengah dijejali gosip soal posisi pembalap musim 2021. Ada yang menyebut kemungkinan Valtteri Bottas meninggalkan Mercedes ke Red Bull. Siapa pengisi posisinya? Salah satu kandidatnya: Sebastian Vettel!

Laporan terakhir menyebutkan Valtteri Bottas mulai memikirkan opsi membela Red Bull musim 2021. Pembalap Finlandia itu, sebagaimana mayoritas pembalap saat ini, tak memiliki kontrak selepas musim ini. Dengan Mercedes masih belum membicarakan hal tersebut sampai musim ini bergulir, Bottas perlu menjaga opsi itu tetap terbuka jika tak mau terlambat.

Dalam posisi ini, Mercedes menolak mengkonfirmasi duet pembalapnya untuk musim 2021 dan seterusnya. Ada sejumlah rumor menyangkut masa depan tim ini. Tapi, Toto Wolff, petinggi Mercedes menegaskan takkan membicarakan soal kontrak pembalap sampai musin ini dimulai.

Ini bisa menyebabkan terbaginya konsentrasi pembalap. Sebab, pasar pembalap di F1 saat ini cukup rumit. Berada di tempat dan waktu yang tepat adalah kunci untuk memastikan kontrak yang bagus.

Karena itu, tak mengejutkan jika Bottas mulai mengeksplorasi opsi lainnya. Belum lama ini, rumor yang uncul adalah adanya pembicaraan dengan Renault sebagai kandidat pembalap musim depan. Menurut F1-Insider, manajer Bottas belum lama ini duduk satu meja dengan petinggi Red Bull, Christian Horner. Laporan itu menyebutkan Didier Coton, manajer Bottas, mengundang Horner makan malam.

Kemungkinan bergabungnya Bottas dengan Red Bull bukan hal yang mustahil. Dia akan membawa skill membalapnya yang unik. Bottas seorang pembalap juara, berpengalaman, dan berada pada level atas pembalap dunia.

Max Verstappen saat ini tetap jadi pembalap utama tim yang bermarkas di Milton-Keynes, Inggris itu. Tapi, kehadiran pembalap asal Finlandia itu diyakini bisa menjadi kunci Red Bull Renault untuk meraih gelar juara dunia konstruktor.

Bottas mungkin saja tak secepat Max Verstappen. Tapi, dia bisa menandingi irama pembalap Belanda itu. Sebuah duet yang masuk akal, Verstappen dan Bottas bisa membantu Red Bull mewujudkan ambisinya.

Posisi Bottas di Mercedes sendiri, belakangan disebut-sebut mulai diusik. Sejumlah laporan menyebutkan Mercedes sedang memikirkan George Russell sebagai pengganti Bottas musim depan. Dengan regulasi yang masih sama, ini akan jadi peluang bagus bagi Mercedes untuk menggunakan Russell yang berasal dari program juniornya.

Meski belum dikonfirmasi, ada peluang sangat besar tim tersebut mempertahankan Lewis Hamilton untuk musim 2021. Membiarkan juara dunia ke tim lainnya takkan bisa dibiarkan begitu saja oleh Mercedes.

Yang menarik, kecuali George Russell, rumor lain tak menutup kemungkinan juara dunia empat kali, yang bakal mengisi posisi Bottas. Bisa dibayangkan, dua juara dunia berada di satu tim yang sama.