Trio Otomotif Jepang Siap Buka Lagi Pabrik Meksiko

Trio Otomotif Jepang Siap Buka Lagi Pabrik Meksiko
istimewa

INILAH, Mexico City - Tiga raksasa otomotif Jepang, Toyota, Nissan, dan Honda, secara bertahap akan mulai kembali ke jalur produksi di pabrik mereka di Meksiko.

Pembukaan industri otomotif di Meksiko sejalan dengan pembukaan kembali ekonomi yang lebih luas meskipun kasus baru dari virus corona (COVID-19) masih terus bertambah.

Mengutip Reuters, pejabat Meksiko pada pertengahan Mei mengatakan bahwa industri otomotif dapat keluar dari penguncian virus corona sebelum 1 Juni 2020 jika langkah-langkah keamanan yang disetujui sudah ada.

Meski demikian, ketiga perusahaan Jepang itu belum mengumumkan tanggal pembukaan resmi pabrik-pabrik mereka.

Toyota Motor Corp dan Nissan Motor Co Ltd mengatakan kepada Reuters, bahwa mereka sedang bersiap untuk secara bertahap melanjutkan operasi.

Sementara Honda Motor Co Ltd, pada Jumat pekan lalu (22/5/2020), mengatakan telah mulai kembali secara bertahap ke jalur operasi.

Sejauh ini, Meksiko telah melaporkan setidaknya sudah ada lebih dari 68.000 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 dengan sekitar 7.500 kematian sejak pandemi mencapai negara itu pada akhir Februari.

Dengan adanya angka tersebut mendorong kekhawatiran tentang pembukaan kembali ekonomi yang terlalu cepat.

Pekan lalu gubernur negara bagian Puebla, rumah bagi pabrik-pabrik besar Volkswagen dan Audi telah mengatakan, bahwa kondisi 'tidak ada' untuk membuka kembali industri otomotif.

Pembuat suku cadang mobil AS Lear Corp, meminta kepada 600 karyawan mereka untuk melaporkan pekerjaan pada Senin di pabrik Rio Bravo di Meksiko utara yang memasok untuk Daimler AG dan Ford. Pabrik itu telah menjadi lokasi wabah virus corona yang menurut Lear sudah membunuh 18 pekerja.

Perusahaan mengatakan kepada Reuters, bahwa mereka akan selalu menerapkan protokol keselamatan akan tetapi tidak ada produksi yang dimulai di fasilitas Meksiko mana pun. (inilah.com)