Oke Mal Buka, Tapi Pasar Tradisional dan UMKM Juga Dong

Oke Mal Buka, Tapi Pasar Tradisional dan UMKM Juga Dong

INILAH, Bandung – Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat, Dadang Kurniawan, mengaku tidak masalah jika pusat perbelanjaan seperti mall kembali beroperasi pada Sabtu, 30 Mei mendatang, seiring dengan berakhirnya pembatasan sosial berskala besar (PSBB), sehari sebelumnya.

Dadang mengatakan, jika PSBB tidak lagi diperpanjang dan pemerintah daerah dinilai sudah siap, langkah tersebut patut didukung demi menggerakkan kembali roda perekonomian masyarakat. 

Hanya saja, dia berharap, tidak hanya mall yang dipersilakan untuk dibuka. Pasar tradisional, pertokoan dan pelaku usaha rumahan yang menjajakan produk di luar kebutuhan pokok dan kesehatan, juga diberikan hak serupa. Mengingat selama penanganan pandemik corona virus disease 19 (Covid-19) berlangsung beberapa waktu terakhir, harus tutup usaha demi pencegahan penyebaran.

“Mall dibuka kembali, menurut saya sah-sah saja. Kita harus menjaga juga. Tidak boleh ekonomi kita semakin lemah. Tetapi jangan hanya mall. Tetapi yang lain seperti pasar tradisional juga dibuka,” kata Dadang kepada INILAH, Rabu (27/5/2020).

Kendati demikian, Dadang menjelaskan pemerintah tetap wajib menerapkan aturan andai rencana tersebut jadi dilaksanakan. Langkah-langkah standar dalam pencegahan penyebaran Covid-19, tetap harus diberlakukan. Bahkan kalau perlu kata dia, lebih diperketat pengawasannya agar tidak terjadi lonjakan korban akibat pandemik tersebut.

“Tetapi tetap harus ada aturan yang jelas. Kedisiplinan masyarakat saat ini harus kita jaga. Kalau perlu kesadaran masyarakat kita tingkatkan lagi, dengan sedikit dipaksakan lewat aturan. Seperti antrian dalam mall yang diatur, jaga jarak aman tetap harus diberlakukan. Atau mungkin dengan dibuatkan kupon untuk masuk. Pokoknya jangan sampai ada kumpulan di satu titik. Kami akan menggodok dengan pemerintah mengenai hal ini,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jabar Arman Hermawan menyatakan sebanyak 22 pusat perbelanjaan di Kota Bandung bakal kembali beroperasi Sabtu nanti. Setelah sebelumnya tutup, selama proses penanganan covid-19 berlangsung. (Yuliantono)