DPRD Jabar Usul Pemprov Buat Klinik Keliling

DPRD Jabar Usul Pemprov Buat Klinik Keliling

INILAH, Bandung – Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Dadang Kurniawan mengusulkan kepada Gubernur Ridwan Kamil untuk membuat klinik kesehatan keliling.

Usulan tersebut tak lain demi memudahkan pelaksanaan rapid test dan swab kepada masyarakat

Dia mengatakan, kebijakan yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) saat ini sudah tepat dan tinggal didukung dengan meningkatkan pelayanan, agar pandemik segera berakhir. Terlebih saat ini, kata Dadang langkah tersebut mudah diwujudkan karena adanya tambahan anggaran hasil dari refocusing APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah).

“Pada intinya, dengan adanya kebijakan terkait adanya penambahan anggaran kesehatan. Kita perlu mengambil langkah-langkah lanjutan. Kami dari Komisi V sudah bertemu dan membahas dengan Dinas Kesehatan, untuk menyiapkan klinik keliling yang masuk ke desa-desa. Ini yang akan kita usulkan ke pemerintah. Peraturan pemerintah sudah tepat. Aturan juga ketat. Tetapi harus didukung dengan pelayanan. Nantinya klinik keliling ini kita bisa lakukan pemeriksaan rapid test dan swab, agar pemeriksaan terkait masalah covid-19 ini lebih merata. Selain itu juga bisa memudahkan pelayanan kesehatan lainnya kepada masyarakat,” jelas Dadang kepada INILAH, Rabu (27/5/2020).

Meski demikian, Dadang mengaku rumah sakit dan puskesmas tetap menjadi prioritas utama. Khususnya dalam kelengkapan peralatan pendukung medis, obat-obatan dan alat uji. Guna mengantisipasi kemungkinan terjadi lonjakan penderita covid-19, yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi.

“Tetapi kita tetap harus perkuat rumah sakit yang ada. Didukung dengan peralatan-peralatan medis penunjang. Serta harus juga bisa sampai dan tersebar ke puskesmas-puskesmas yang ada. Sebab kita harus mengantisipasi kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi. Segala sesuatunya lebih baik kita siapkan dari awal dan kita perkuat, untuk mengantisipasi masalah ini,” tutupnya. (Yuliantono)