Kebijakan Normal Baru Diberlakukan, Polda Jabar Siap Pendampingan

Kebijakan Normal Baru Diberlakukan, Polda Jabar Siap Pendampingan
Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga. (ridwan abdul malik)

INILAH, Bandung - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat persiapkan personel untuk melakukan pendampingan, dalam penerapan fase normal baru atau new normal pada Senin (1/6/2020). Tindakan persuasif pun akan dikedepankan dalam mendisiplinkan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga saat ditemui usai rapat terbatas percepatan penanganan Covid-19 di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Rabu (27/5/2020).

"Jumlah personal sesuai yang dikategorikan oleh Pak Gubernur kita sesuaikan jumlah personel, baik gabungan TNI-Polri termasuk Satpol-PP untuk pendampingan pendisiplinan dalam normal baru," ucap Erlangga.

Erlangga mengungkapkan, dalam melakukan pendampingan untuk mendisiplinkan masyarakat, Polisi akan menerapkan upaya-upaya humanis dan persuasif. Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat lebih cepat beradaptasi dengan fase normal baru.

"Kita persuasif pendampingan dalam menegur dan kita menyesuaikan dengan ketentuan yang mengatur untuk normal baru," ungkap Erlangga.

Meski begitu, Erlangga menambahkan, protokol kesehatan ketat harus diterapkan oleh masyarakat. Diharapkan masyarakat dapat beradaptasi dengan fase normal baru. "Protokol kesehatan harus sesuai pedoman. Penggunaan masker, cuci tangan, sosial distancingl. Ini untuk budaya baru pada masyarakat untuk sesuai dengan situasi saat ini," pungkasnya.

Perlu diketahui, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan penerapan normal baru akan segera dilakukan pada Senin (6/1/2020) mendatang. Pandemi Covid-19 di Jawa Barat berada di angka 1,09 dan tingkat kewaspadaan tiap daerah juga menjadi patokan dalam pemberlakuan normal baru di Jabar. (ridwan abdul malik)