DPRD Jabar Minta Warga yang Terlanjur Mudik Tunda Kepulangan ke Kota

DPRD Jabar Minta Warga yang Terlanjur Mudik Tunda Kepulangan ke Kota

INILAH, Bandung – Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Dadang Kurniawan meminta kepada masyarakat yang mudik lebaran ke kampung halamannya, untuk menunda keinginannya kembali ke kota. Sampai penanganan corona virus disease 19 (covid-19) dianggap usai.

Dia berharap, para pemudik yang sudah memutuskan merayakan lebaran di kampung halamannya dapat berjiwa besar dan bersabar, untuk sementara jangan kembali lagi ke kota tinggal sebelumnya demi membantu pemerintah dalam menyelesaikan penanganan covid-19. Menurutnya, tanpa kesadaran dari masyarakat, usaha apapun yang dilakukan oleh pemerintah tidak akan berhasil.

“Mengenai arus mudik lebaran ini, kita pasti akan antisipasi. Kemarin memang tidak maksimal. Tetapi saat ini, kita akan upayakan. Kita harap ada kesadaran dari masyarakat akan masalah ini. Kami menghimbau, yang mudik dan kepada pencari kerja yang berencana kembali ke kota untuk menahan diri. Sebab perlu adanya membangun sebuah kedisiplinan dalam pencegahan penyebaran covid. Walaupun sejauh ini kesadaran masyarakat sudah sangat bagus,” ucap Dadang kepada INILAH, Rabu (27/5/2020).

Dadang mengaku, pihaknya melalui pemerintah akan melakukan koordinasi hingga tingkat desa untuk memperketat pengawasan, sebagai langkah pencegahan. Demi menekan penyebaran penderita, agar tidak terus meningkat.

“Pengawasan harus lebih ketat. Termasuk di desa. Kepada kepala desa, agar menghimbau kepada masyarakat agar menunda dulu berpergian. Begitu pun di kota. Kita akan upayakan untuk lebih ketat lagi, sehingga bisa dikontrol dan penanganannya juga bisa lebih cepat,” jelasnya. (Yuliantono)