Tetap Sehat di Tengah Pandemi COVID-19

Tetap Sehat di Tengah Pandemi COVID-19
ilustrasi

INILAH, Jakarta - Di tengah pandemi COVID-19, pemerintah menghimbau masyarakat untuk menerapkan kebijakan di rumah saja, termasuk bekerja dari rumah atau Work From Home.

Kebijakan ini mempengaruhi rutinitas kegiatan sehari-hari, sehingga dapat menyebabkan munculnya stres atau kecemasan.

Atlit Olimpiade Inggris sekaligus Vice President, Worldwide Sports Performance and Fitness Herbalife Nutrition, Samantha Clayton mengatakan, bagi sebagian orang bekerja dari rumah adalah sebuah pengalaman baru dimana ternyata kita lebih sibuk sepanjang hari dibanding waktu normal sehingga
melewatkan kesempatan untuk tetap menjaga kebugaran.

"Inilah sebabnya mengapa penting untuk menemukan cara-cara kreatif agar dapat tetap berolahraga di tengah kewajiban anda bekerja dari rumah," katanya seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Kamis, (28/05/2020).

Sama seperti pentingnya melakukan latihan yang konsisten guna mencapai tingkat kebugaran yang stabil, saat ini perlu untuk terus mengembangkan atau paling tidak menjaga rutinitas atau budaya kerja Anda secara konsisten.

Hal ini untuk menghindari munculnya kebiasaan buruk yang akan menghambat motivasi bekerja Anda.

Mungkin Anda akan merasa tergoda untuk bekerja dari atas tempat tidur dengan masih menggunakan baju tidur Anda.

"Tapi sebelum anda melakukannya, perlu diketahui bahwa apa yang akan Anda lakukan ini dapat merusak kebiasaan kerja dan menciptakan suasana kerja yang kurang
bagus," tambahnya.

Lebih baik Anda tetap konsisten melakukan rutinitas kerja normal Anda dengan tetap bangun pagi, mandi, berpakaian kerja, minum kopi atau teh, mengatur meja kerja Anda dan bekerja seperti biasanya.

"Menjaga rasa normal ini akan membantu Anda tetap fokus pada tugas-tugas Anda," ujarnya

Ada beberapa cara untuk menjaga kebugaran di sela bekerja dari rumah.

1. Prioritaskan Olahraga untuk Menciptakan Lingkungan Kerja yang Positif

Meskipun Anda lebih mempedulikan untuk menyelesaikan pekerjaan daripada melakukan olahraga, sebenarnya Anda tetap perlu menyediakan waktu selama 30 menit setiap hari untuk berolahraga.

"Jika Anda menjadikan olahraga sebagai bagian dari jadwal harian Anda, nantinya olahraga akan menjadi
sesuatu yang Anda butuhkan di tengah hari-hari kerja yang monoton," katanya.

Sebuah penelitian yang menghubungkan duduk untuk waktu yang lama dengan sejumlah masalah kesehatan yang dapat timbul seperti diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, dan
nyeri punggung.

Bahkan jika menjaga kesehatan bukan menjadi prioritas bagi Anda, ketahuilah bahwa tubuh akan secara alami melakukan pelepasan endorfin selama melakukan olahraga sehingga akan meningkatkan mood Anda.

"Karena itu, selama masa penuh tekanan seperti ini salah satu manfaat terbesar dari melakukan olahraga teratur adalah membuat anda dapat melaksanakan kegiatan sehari-hari dan melalui kehidupan dengan perasaan yang lebih ringan," ungkapnya (inilah.com)