Maksud Hati Gali Septic Tank, yang Ditemukan Ustaz Ini Ternyata Koin Kuno dan Rangka Manusia

Maksud Hati Gali Septic Tank, yang Ditemukan Ustaz Ini Ternyata Koin Kuno dan Rangka Manusia

INILAH, Cileungsi – Maksud hati hendak membangun septic tank di halaman rumahnya. Siapa nyana, yang ditemukan Ustaz Raffi Al-Muniri malah uang koin Kerajaan Belanda, cermin, tusuk konde, dan tulang belulang manusia.

Begitulah peristiwa yang cukup menghebohkan di Kampung Cigorowong, Desa dan Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. Tentu saja, Ustaz Raffi terkaget-kaget dengan apa yang ditemukannya.

Ustaz Raffi yang ditemui wartawan di rumahnya mengaku sudah lama septic tank rumahnya penuh. Karena itu, sebelum Bulan Ramadan lalu, ia ingin membangun septic tank baru di halaman rumahnya. Tapi, karena alasan menghormati tukang gali yang sedang berpuasa, maka baru dilaksanakan hari Selasa lalu.

“Pada hari Selasa, tukang sudah menggali lubang sedalam 2,5 meter dan dilanjutkan Rabu kemarin. Namun saat di kedalaman 3,5 meter, pacul malah mengenai tulang belulang. Ketika digali manual dengan tangan, kami malah menemukan empat buah uang koin Kerajaan atau Negara Belanda, cermin, tusuk konde, cincin dan tulang belulang manusia,” kata Ustaz Raffi kepada wartawan, Kamis (28/5/2020).

Ayah dua orang anak ini menerangkan pada awalnya koin berbahan tembaga itu tidak memperlihatkan gambar yang jelas. Namun, setelah dibersihkan dan direndam dengan air keras, maka baru nampak bahwa kepingan koin tersebut adalah uang.

“Walaupun sudah dibersihkan, tetap tulisannya kurang jelas. Hanya ada lambang seperti lambang Kerajaan Belanda, tulisan ‘Indie’ dan angka tahun 1839. Karena ini mengandung nilai sejarah saya pun siap apabila harus diserahkan ke negara untuk selanjutnya dipamerkan di museum,” terangnya. (reza zurifwan)