Dua Pedagang Positif Covid-19, Pasar Sumber Ditutup Besok

Dua Pedagang Positif Covid-19, Pasar Sumber Ditutup Besok
Foto: Maman Suharman

INILAH, Cirebon - Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengatakan, dua pedagang Pasar Sumber Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon dinyatakan positif Covid-19.

"Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Jumat besok Pasar Sumber kita tutup selama 14 hari," ujar Imron, Kamis (28/5/2020).

Imron menjelaskan, penutupan sudah dirapatkan dengan Forkopimda. Di samping itu, kebanyakan pedagang juga meminta penutupan pasar,setelah mengetahui ada dua pedagang yang positif Covid-19. Namun Imron mengaku, tidak akan memberikan konfensasi apapun kepada sekitar 600 pedagang pasar sumber.

"Semua sepakat pasar sumber ditutup selama empat belas hari. Tapi kita tidak memberikan kompensasi apapun, karena yang penting mata rantai covid-19 bisa kita putus," ungkap Imron.

Sementara itu, Kadinkes Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni membenarkan ada dua pedagang yang positif corona. Hal itu dari hasil test swab beberapa hari lalu kepada 50 pedagang. Dari hasil swab, muncul dua orang yang positif. Lalu dinkes melakukan penelusuran, dan hasilnya ada 40 orang yang kontak erat dengan dua orang yang positif ini.

"Besok kita test swab lagi untuk 140  orang pedagang di pasar sumber. 100 pedagang swab baru, dan 40 pedagang termasuk keluarga yang punya kontak erat dengan pasien," jelas Enny.

Enny juga enggan menjelaskan secara rinci, kenapa ada kebocoran hasil swab untuk dua orang positif Covid-19, yang sudah tersebar dimedsos. Pihaknya mengaku, hanya ingin konsentrasi supaya masalah ini bisa terselesaikan dengan baik dan bisa memutus mata rantai Covid-19. (Maman Suharman)