Betulkah Rangka yang Ditemukan Ustaz Raffi Dayang Prabu Siliwangi?

Betulkah Rangka yang Ditemukan Ustaz Raffi Dayang Prabu Siliwangi?

INILAH, Cileungsi – Saat menggali septic tank baru, Ustaz Raffi Al-Muniri menemukan tulang-belulang manusia. Betulkah itu jasad Nyai Siti, seorang dayang Prabu Siliwangi?

Kepada wartawan di Cileungsi, Kabupaten Bogor, Kamis (28/5/2020), Ustaz Raffi mengatakan dia dan tukang gali septic tank tak hanya menemukan tulang belulang, melainkan juga uang koin kuno Kerajaan Belanda, tusuk konde, dan cermin.

Ia memaparkan untuk mengetahui siapa jasad tulang belulang manusia yang ikut dikubur dengan uang koin Kerajaan Belanda dan lainnya itu, maka keluarganya mengundang rekan dan seorang mediasi anak remaja.

“Bersama rekan ustaz dan mediator yang merupakan remaja tetangga, kami pun mendapat keterangan bahwa pemilik jasad tersebut adalah perempuan bernama Nyai Siti yang kabarnya seorang dayang Prabu Siliwangi dari Raja Kerajaan Pajajaran yang dibunuh oleh tentara Belanda,” katanya.

Ustaz Raffi menyakini keterangan tersebut benar-benar asli karena remaja yang menjadi mediator tidak bisa berbahasa Sunda, sementara Nyai Siti berbahasa Sunda halus atau Priangan. “Karena keinginan almarhumah, tulang belulang jasadnya pun kami sempurnakan proses penguburannya,” paparnya.

Ustaz Raffi melanjutkan cerita adanya makam seorang dayang Prabu Siliwangi beserta benda bersejarah tak pernah ia dapatkan dari kakek buyutnya yang merupakan warga Asli Kampung Cigorowong, Cileungsi.

“Kakek buyut saya asli warga Kampung Cigorowong, Cileungsi tetapi mereka tidak pernah cerita adanya makam bersejarah, yang mereka ceritakan malah bahwa di kampung ini banyak gua-gua kecil karena di dasar tanah kami banyak mengandung batuan karang yang mengandung kapur,” lanjut Ustaz Raffi. (reza zurifwan)