Wilayah Perkotaan Masih Zona Merah, Ini yang Dilakukan Pemkab Purwakarta

Wilayah Perkotaan Masih Zona Merah, Ini yang Dilakukan Pemkab Purwakarta
istimewa

INILAH, Purwakarta – Pemkab Purwakarta, tak memperpanjang pemberlakuan PSBB di wilayah ini yang telah berakhir pada 20/5 kemarin. Namun demikian, sejak diakhirinya PSBB tersebut, pemkab tetap memberlakukan pembatasan. Namun pembatasan kali ini, sifatnya skala kecil. Yakni, tingkat kelurahan dan desa.

Memang, pembatasan ini tidak diberlakukan di seluruh kelurahan/desa yang ada. Adapun desa atau kelurahan yang diberlakukan pembatasan, itu wilayah-wilayah yang terkonfirmasi terdapat warga yang positif.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menuturkan, merujuk data yang diterimanya dari Dinas Kesehatan setempat, sejauh ini wilayahnya telah berstatus zona kuning. Hanya saja, masih ada wilayah yang masuk kategori zona merah. Yakni, Kecamatan Purwakarta kota.

“Warga yang positif ini, terbanyak berdomisili di Kecamatan Purwakarta kota,” ujar Anne, Kamis (28/5/2020).

Makanya, sambung dia, sampai hari ini pembatasan parsial skala kecil ini masih diberlakukan di wilayah perkotaan ini. Namun demikian, jika kebijakan new normal telah diterapkan, maka pembatasan sosial itu akan dihilangkan. Sebab, kalau dua-duanya dijalankan, maka akan terjadi tumpang tindih kebijakan. Serta, bisa menimbulkan kebingungan bagi masyarakat. 

Sementara itu, untuk membantu meringankan beban masyarakat, khususnya mereka yang terdampak pembatasan komunal, Pemkab Purwakarta telah mendistribsikan bantuan pangan melalui kelurahan masing-masing. Bantuannya, berupa beras yang dikemas lima kilogram.

“Bantuan beras ini disiapkan untuk penanganan Covid-19 di wilayah yang diberlakukan PSBB komunal. Ada 32 ton beras, yang seluruhnya sudah kami distribusikan. Bantuan beras ini, bersumber dari anggaran tidak terduga (BTT) penanggulangan covid-19 di Dinas Pertanian,” jelas dia.

Anne menuturkan, data penerima sendiri diutamakan bagi mereka yang belum terdata atau di luar warga yang sudah menerima bantuan sosial covid dari sumber lain. Dalam pengadaan bantuan pangan ini, pihaknya melibatkan perum Bulog. (Asep Mulyana)