Kabar Baik, Unikom Pastikan 8 Juni Mulai Masuk Kuliah

Kabar Baik, Unikom Pastikan 8 Juni Mulai Masuk Kuliah

INILAH, Bandung - Rektor Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Prof. Dr. H. Eddy Soeryanto Soegito menggelar rapat setelah Work From Home (WFH) dan Study From Home (SFH) akibat COVID-19.

Ada beberapa poin penting yang akan disampaikan oleh Rektor Unikom. Pertama, seluruh cleaning service, security dan manajemen gedung akan masuk kerja tanggal 2 Juni 2020 untuk mempersiapkan kebersihan dan higienis ruang kerja, ruang perkuliahan dan dan prasarana.

Seluruh dosen dan karyawan akan masuk kerja pada tangga 4 Juni 2020. Mahasiswa akan masuk kuliah, tanggal 8 Juni 2020, namun akan disesuaikan dengan keputusan pemerintah/kementerian/LL-Dikti/Aptisi/Abptsi/kolega lainnya.

Rektor Unikom menambahkan bila situasi dan kondisi belum memungkinkan mahasiswa masuk tanggal 8 Juni 2020, akan diundur sesuai kondisi. Apabila mahasiswa masuk tanggal 8 Juni 2020, maka ruang kelas akan dilayout/diisi setengah dari kapasitas dan dosen membagi 2 pertemuan pada 1 mata kuliah (untuk kelas besar).

"Guna antisipasi maksimal, Rektor Unikom akan membentuk satuan tugas (satgas) COVID-19 Unikom, yang terdiri dari Wakil Rektor Bidang Akademik unikom sebagai Ketua yang beranggotakan Direktur PTSI, Direktur Humas dan Protokoler Unikom, Direktur Manajemen Gedung, dan Kepala Biro Administrasi Umum serta akan melibatkan juga dosen kemahasiswaan dari tiap prodi," ujar Rektor.

Dia mengatakan setiap hari kerja Rektor menugaskan security untuk melakukan pengecekan suhu tubuh di pintu masuk setiap gedung Unikom, baik dosen, karyawan, mahasiswa dan tamu yang akan memasuki gedung kampus. Selain itu satpam juga bertugas membubarkan tongkrongan mahasiswa diluar jam perkuliahan.

Rektor menyampaikan, Unikom masih mempersiapkan beberapa opsi terkait tanggal masuk mahasiswa yakni 8 Juni 2020, 15 Juni 2020 atau sampai akhir semester, dimana keputusan ini masih akan dibahas dalam beberapa hari ke depan pada rapat pimpinan Unikom.

"Jika diputuskan adanya penundaan, maka Unikom sebagai universitas berbasis IT memiliki kemampuan dalam pengoperasian perangkat dan SDM yang memadai serta mendukung berjalannya proses kuliah online secara maksimal," tambah Prof. Eddy.

Rektor menambahkan pada 2 Juni 2020 mendatang, sebagai upaya pengamanan Unikom akan menggelar Rapid Test bagi seluruh Cleaning Service, Security, dan manajemen gedung.

"Selanjutnya, bagi para dosen dan karyawan akan menyusul pada tanggal 4 Juni 2020. Rapid test ini akan bertolak dari SOP dan jadwal yang akan disusun oleh Direktorat Aplikasi Pengembangan Pelatihan & Service Center (AP2SC) Unikom bekerjasama dengan Medical Center Unikom," imbuhnya. (Okky Adiana).