Perkuat Roadmap Menuju 5G, Telkomsel Hadirkan VoLTE

Perkuat Roadmap Menuju 5G, Telkomsel Hadirkan VoLTE
Ilustrasi (antara)

INILAH, Jakarta - Telkomsel melakukan soft launching layanan telepon dengan basis jaringan 4G LTE, Voice over Long Term Evolution (VoLTE), yang sekaligus menjadi salah satu pencapaian Telkomsel dalam memperingati usia ke-25 pada tahun ini.

"Prinsip produk dan layanan yang customer-centric menjadi dasar bagi Telkomsel untuk menghadirkan layanan VoLTE bagi pelanggan yang menginginkan kemudahan lebih dalam berkomunikasi," ujar Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

"VoLTE juga menjadi perwujudan dari komitmen kami untuk terus mendampingi masyarakat dalam menjalani transformasi gaya hidup digital melalui pembangunan ekosistem digital yang menyeluruh dan berkelanjutan sebagai semangat perusahaan dalam memaknai usia ke-25 tahun," dia melanjutkan.

Setyanto menambahkan, terdapat tiga manfaat utama dari layanan VoLTE bagi pelanggan. Pertama, pelanggan akan mendapatkan pengalaman menelepon dengan suara lebih jernih kualitas HD berbasis jaringan 4G LTE terdepan dari Telkomsel.

Kedua, layanan VoLTE juga menyambungkan dua penggunanya lebih cepat daripada menggunakan layanan panggilan telepon biasa dan Voice Over Internet Protocol (VOIP). Ketiga, melalui layanan VoLTE pelanggan dapat bebas berselancar mengakses layanan internet, streaming video, bermain games, saat tersambung telepon suara.

Pada tahap soft launch ini layanan VoLTE dapat dinikmati lebih dari 114.000 pelanggan Telkomsel yang berada di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi) dan Surabaya, dan menyusul di kota-kota lainnya secara bertahap.

Untuk mendukung soft launch layanan ini, terdapat lebih dari 10.000 BTS VoLTE di seluruh wilayah Jadetabek dan Surabaya untuk memberikan pengalaman jaringan berkualitas tinggi dan pengalaman layanan telepon premium yang berbasis jaringan 4G LTE.

Cara mengaktifkan layanan VoLTE Telkomsel, pelanggan harus memastikan kartu SIM-nya sudah mendukung jaringan 4G Telkomsel, kemudian pelanggan harus berada di wilayah yang mendapatkan jangkauan VoLTE (saat ini wilayah Jadetabek dan Surabaya).

Lalu, memastikan perangkat sudah mendukung layanan VoLTE dengan sistem operasi perangkat yang terbaru (ter-update). Untuk tahap soft launch ini merek perangkat smartphone yang mendukung jaringan VoLTE Telkomsel adalah Samsung, Huawei, Vivo dan menyusul merek perangkat lainnya.

Setelah memastikan semua langkah tersebut, selanjutnya adalah mengatur layanan VoLTE di menu pengaturan perangkat. Kemudian pelanggan akan melihat logo atau tanda VoLTE pada status sinyal bar sebagai tanda bahwa pelanggan sudah dapat menikmati layanan VoLTE Telkomsel.

Selanjutnya, untuk menggunakan layanan VoLTE, pelanggan hanya perlu mengaktifkan fitur VoLTE di ponsel yang mendukung layanan ini.

Telkomsel juga telah menghadirkan paket khusus Talkmania VoLTE, dengan tambahan kuota menit telepon VoLTE pada paket Talkmania bulanan yang dapat diaktifkan oleh pelanggan di Jakarta dan Surabaya melalui aplikasi MyTelkomsel.

"Kami berharap juga di momen pasca Lebaran yang sedikit berbeda ini, layanan VoLTE dapat memberikan kemudahan serta pengalaman lebih bagi pelanggan untuk selalu terkoneksi, sehingga silaturahmi tetap lancar saat pekerjaan harus tetap dilakukan," ujar Setyanto.

"Kami pun berharap menjadikan layanan VoLTE sebagai solusi bagi pelanggan untuk tetap produktif dalam memusatkan berbagai aktivitasnya di rumah dalam memperkuat inisiatif gerakan #DiRumahTerusMaju selama pandemi Covid-19 di Indonesia," dia menambahkan. (antara)