Pekan Depan Masjid Raya Bandung Siap Gelar Salat Jumat, Asal...

Pekan Depan Masjid Raya Bandung Siap Gelar Salat Jumat, Asal...

INILAH, Bandung - Masjid Raya Bandung mulai lakukan pembersihan dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan secara rutin. Hal itu sebagai respon dari rencana New Normal yang direncanakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Selain melakukan penyemprotan cairan disinfektan, sejumlah protokol kesehatan lainnya pun mulai disiapkan. Diantaranya, penyediaan bilik disinfektan.

"Begitu ada pengumuman kita siap. Kami sedang coba bersih-bersih, sekarang karpet lagi digulung, disemprot. Kemudian kami mempersiapkan APD-nya. Pintu utara selatan timur. Kemudian juga pengumuman oleh jamaah diketahui tetap menggunakan protokol COVID-19," ucap Ketua DKM Masjid Raya Bandung Muchtar Gandaatmaja saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (29/5/2020).

Muchtar menyebutkan, pihak DKM juga sudah menyiapkan protokol kesehatan hingga physical distancing saat salat berjamaah. Antara jamaah, nantinya dibatasi jarak hingga 1 meter. "Memang sudah disiapkan dibikinkan titik-titik tempat duduk bahwa semeter kiri, kanan, belakang dan depan," tuturnya.

Meski begitu, Muchtar mengungkapkan, pihaknya saat ini masih dalam menunggu kepastian dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Jika diperbolehkan buka, Masjid Raya Bandung siap menggelar sholat jumat lagi pada pekan depan. "Jadi kita lihat kita update informasi dalam waktu seminggu ini. Kalau sudah oke saya buka. Sebelum ada itu (persetujuan), kami nggak berani," pungkas Muchtar. (Ridwan Abdul Malik)