Malam Ini Bupati se-Wilayah III Cirebon Kumpul, Ada Apa?

Malam Ini Bupati se-Wilayah III Cirebon Kumpul, Ada Apa?
Foto: Maman Suharman

INILAH, Cirebon - Rencananya, Jumat (29/5/2020) malam selepas salat isya, para bupati se-Wilayah III Cirebon berkumpul. Ada apa? Usut punya usut, ternyata mereka akan membahas  kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap III yang diperpanjang Pemprov Jabar. Rapat tersebut diadakan sebagai upaya sinkronisasi penerapan PSBB se-Wilayah III Cirebon.

"Nanti malam kepala daerah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan) akan kumpul. Kita akan sinkronkan penerapan perpanjangan PSBB tahap III. Kita kan wilayahnya saling berbatasan," kata Bupati Cirebon Imron Rosyadi, Jumat (29/5/2020).

Sementara itu, Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cirebon Nanang Ruhyana menilai, Pemprov Jabar pasti mempunyai alasan tersendiri sampai PSBB diperpanjang. Meskipun begitu, ternyata Kabupaten Cirebon sudah masuk zona biru namun moderat. Artinya, masih ada kasus Covid-19 yang ditemukan, baik kasus impor maupun lokal.

"Adanya temuan dua kasus positif pedagang Pasar Sumber tidak berpengaruh dengan level biru yang diberikan kepada Kabupaten Cirebon. Ini kan diberikan sebelum kami menemukan dua kasus terkonfirmasi," kata Nanang.

Nanang menambahkan, untuk mencegah penularan Covid-19 Pemkab Cirebon melakukan upaya terbaik dengan melakukan swab test massal. Meskipun ada di level biru, tapi perilaku hidup bersih dan sehat, serta phsycal distancing tetap harus dilakukan.

"Kalau perilaku hidup sehat dilakukan, Insyaallah kita terhindar dari Covid-19. Bagaimanapun, kita semua yang memulai dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19," tukas Nanang. (Maman Suharman)