Taati PSBB, Para Pedagang Pasar Baru Batal Lakukan Aksi Unjuk Rasa

Taati PSBB, Para Pedagang Pasar Baru Batal Lakukan Aksi Unjuk Rasa
Ilustrasi (net)

INILAH, Bandung - Pedagang Pasar Baru Kota Bandung memastikan mereka tidak akan melakukan aksi unjuk rasa pada Selasa (3/6/2020) mendatang. Kepastian tersebut diambil setelah adanya pertemuan antara perwakilan pedagang dan Polda Jabar.

Ketua Himpunan Pedagang Pasar Baru Bandung atau HP2B, Iwan Suherman mengatakan, rencana aksi para pedagang Pasar Baru dipastikan batal. Pasalnya, Polda Jabar tidak memberikan izin dari kegiatan tersebut.

"Rencana aksi, malam tadi saya rapat dengan Polda Jabar dan Kasatintelkam, jadi karena tidak keluar surat izin untuk mengemukakan pendapat di muka umum, jadi kami membatalkan aksi hari Selasa nanti," ucap Iwan saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (30/5/2020).

Meski begitu, Iwan mengungkapkan, sudah ada itikad baik dari Pemerintah Kota Bandung untuk para pedagang. Rencananya, para pedagang di Pasar Baru diperbolehkan buka kembali pada tahap kedua Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional.

"Kita kan memahami dengan berlakunya PSBB Proporsional itu kan ada tahapan-tahapan, misalnya saat ini baru sektor usaha kecil toko mandiri boleh buka dengan catatan protokol Covid-19. Lalu kalau untuk sektor mal dan pusat niaga seperti pasar baru itu di prioritas selanjutnya bertahap. Intinya, kita tunggu sampai tanggal 12," ungkap Iwan.

Perlu diketahui sebelumnya, tersebar luas informasi bahwa akan ada aksi dari para pedagang. Mereka bersikeras ingin berjualan dan memastikan mengikuti protokol kesehatan untuk meminimalisir penyebaran virus corona. (ridwan abdul malik)