2 Pemain Persib ke Timnas, Robert Alberts Berharap Liga Dijalankan

2 Pemain Persib ke Timnas, Robert Alberts Berharap Liga Dijalankan
istimewa

INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts turut berbangga dengan Beckham Putra Nugraha yang terpanggil untuk bergabung menjalani pemusatan latihan (TC) bersama tim nasional Indonesia U-19. 

Tak hanya Beckham, namun seorang pemain dari Diklat Persib yakni Erlangga Setyo pun turut dipanggil mengikuti program persiapan untuk menghadapi Piala AFC U-19 dan Piala Dunia U-20 2021.

"Saya rasa bukan hanya Beckham yang dipanggil, kami punya pemain lain yang mewakili Persib yang mendapat panggilan (Erlangga Setyo)," kata Robert saat dihubungi. 

Pelatih asal Belanda ini merasa perlu memberikan apresiasi. Bahkan menurutnya pemanggilan itu merupakan keputusan yang tepat.

"Beckham adalah talenta bagus dan Beckham sudah dikenal sebagai pemain yang menjanjikan di Indonesia," tegasnya. 

Meski demikian, pelatih berusia 64 tahun ini mendapatkan kabar bahwa proses latihan yang dilakukan tidak berjalan lancar. Beberapa program latihan yang dilakukan secara virtual ini sempat terhenti. 

"Di tim nasional ada perbedaan program latihan dan juga mereka sempat menghentikan agenda latihan. Sekarang juga belum diketahui kapan dan dimana timnas akan berlatih," tuturnya.

Robert memahami kendala itu dialami timnas Indonesia. Sebab sejauh ini pandemi virus Corona (Covid-19) di Indonesia belum benar-benar berakhir. 

Menurutnya satu-satunya cara agar masa persiapan itu matang, PSSI harus segera menjalankan kompetisi. Sebab kompetisi itu akan membuat proses persiapan timnas, baik itu U-19 maupun senior semakin lebih baik. 

"Persib Bandung, baik itu pemain dan ofisial ingin Liga dimulai kembali karena itu penting bagi tim nasional, baik itu tim senior maupun tim muda. Karena pemain harus mengembalikan match fitness mereka," tegasnya. 

Robert memastikan Liga ini memiliki peran yang sangat penting khususnya bagi para pemain. Kondisi ini juga dilakukan negara-negara lainnya untuk menjaga performa para pemainnya.

"Kalau turnamen, akan terlalu banyak laga (dalam waktu berdekatan) dan juga skemanya terlalu cepat, selain itu turnamen bukan kompetisi resmi. Sedangkan liga memberikan kesempatan pemain untuk tampil, memulihkan kondisi dan bersiap melakukan persiapan laga berikutnya," jelasnya.

Karena itu, lanjutnya Liga 1 2020 harus kembali dijalankan. Sehingga seluruh pemain timnas Indonesia tidak kehilangan sentuhan bola dalam menghadapi pertandingan. 

"Jadi akan sangat bagus bagi Beckham dalam hal persiapan baginya menjadi lebih tangguh di tim nasional dan kami juga memberikan dukungan penuh kepada Beckham dan Erlangga untuk mewakili nama Persib dan membuat bangga Indonesia," pungkasnya.(Muhammad Ginanjar)