Bayar Tagihan, PDAM Kembali Anjurkan Pelanggan Gunakan Layanan Online

Bayar Tagihan, PDAM Kembali Anjurkan Pelanggan Gunakan Layanan Online
istimewa

INILAH, Bandung - PDAM Tirtawening Kota Bandung mengimbau kepada pelanggan untuk dapat kembali memanfaatkan fasilitas bayar tagihan rekening air melalui pembayaran online.

Metode pembayaran online, dapat dilakukan melalui ATM, PPOB, Teller, SMS Banking, Internet Banking, Auto Debet, dan aplikasi smartphone seperti Tokopedia, Shoope, Dana serta gerai Indomart.

Langkah ini, dikatakan Kepala Sub Bidang Humas PDAM Tirtawening Kota Bandung Dewi Reswati Purnamasari, diharapkan dapat membantu mengurangi risiko penyebaran Covid-19.

"Pertemuan fisik tentunya beresiko di tengah Covid-19 ini, sehingga kami harapkan sambungan langganan dapat memanfaatkan layanan digital," kata Dewi, Senin (1/6/2020).

Menurutnya, sambungan langganan yang dapat memanfaatkan layanan secara daring adalah pelanggan yang tidak memiliki tunggakan. Apabila menunggak, pembayaran harus dilakukan di loket.

"Pelanggan yang menunggak harus datang langsung ke loket PDAM, dan kami memiliki kas pembantu di 11 lokasi dengan jam operasi dari pukul 07.30 WIB sampai dengan pukul 14.30 WIB," ucapnya.

Hingga saat ini, ditambahkan dia, sambungan langganan yang telah memanfaatkan layanan online sebanyak 92.714 dan mayoritas dari sambungan langganan melakukan pembayaran tepat waktu.

Dia menjelaskan, pelanggan yang datang ke loket secara langsung mengalami penurunan di masa pandemi ini. Tercatat, pelanggan bayar dari Februari hingga Mei 2020 sebanyak 9.078 pelanggan.

"Dan untuk pengajuan saluran langganan baru, dalam satu hari, ada satu hingga tiga yang mendaftar melalui online. Apabila yang daftar secara langsung, itu antara dua sampai empat per hari," ujarnya.

Dewi menambahkan, terhitung 1 Juni, PDAM Tirtawening Kota Bandung akan kembali menerjunkan petugas pencatat meter untuk mencatat pemakaian air para pelanggan.

"Untuk pengaduan mengenai tagihan melonjak, tidak ada air, kebocoran, meter rusak dan lain-lain, bisa menghubungi ke nomor WhatsApp 085315170270 dan 082111691329," tandasnya. (Yogo Triastopo)