Di Tengah Pandemi Covid-19, Wanita Al-Irsyad Jawa Barat Gelar Haflah Idul Fitri

Di Tengah Pandemi Covid-19, Wanita Al-Irsyad Jawa Barat Gelar Haflah Idul Fitri
Narasumber acara Haflah Idul Fitri 1441 Hijriah, Istri Gubernur Jawa Barat, Atalia Ridwan Kamil. (istimewa)

INILAH, Bandung - Meski dalam suasana Pendemi Covid-19 yang tengah melanda bangsa Indonesia untuk tetap patuh mengikuti arahan dan protokol kesehatan agar berada di rumah dengan mengurangi berbagai aktivitas yang berisiko tinggi. Tidak kemudian hal itu lantas menyurutkan semangat dan kreativitas Srikandi-Srikandi Al-Irsyad di Jawa Barat.

Pasca Idul Fitri, hari ini (Ahad/31/5/20) Pengurus Wanita Al-Irsyad Jawa Barat telah menggelar Haflah Idul Fitri 1441 Hijriah atau yang disebut sebagai acara halalbihalal yang diikuti oleh keluarga besar Wanita Al-Irsyad se-Jawa Barat melalui daring alias online.

Tatap muka satu sama lain antar peserta secara live via Zoom diikuti oleh para pengurus di 11 kota/kabupaten di Jawa Barat, bahkan diikuti pula dari berbagai cabang lain di luar Jabar seperti cabang Bojonegoro.

Meski masing-masing berada dalam jarak yang jauh, melalui aplikasi Zoom yang dirangkai hari ini telah sukses melangsungkan acara Haflah Idul Fitri Keluarga Besar Wanita Al-Irsyad Provinsi Jawa Barat.

Haflah Idul Fitri Wanita Al-Irsyad Jawa Barat ini dimoderatori oleh Madihah Bajri berlangsung lancar dan khidmat. Seluruh rangkaian acara pada sesi pertama selama 45 menit yang telah disiapkan dihadiri oleh seluruh narasumber yang diundang, termasuk di antaranya istri Gubernur Jawa Barat, Atalia Ridwan Kamil.

Dalam sambutan pertamanya sekaligus pembuka acara, Hj. Laila Syahbal menyampaikan tahniah Iedul Fitri yang diiringi dengan doa kepada seluruh narasumber yang hadir, keluarga Besar Wanita Al-Irsyad di Jawa Barat, yang juga dihadiri oleh Ketua Pimpinan Wilayah Al-Irsyad Al-Islamiyyah Provinsi Jawa Barat, Bapak Drs. Hamid Balfas.

Hj. Laila Syahbal dalam sambutannya menegaskan bahwa, tantangan teknologi saat ini menjadikan Wanita Al-Irsyad akan tetap konsisten dalam berkiprah bagi umat, kegiatan-kegiatan yang berorientasi dalam dakwah dan sosial tetap berjalan meski semua pengurusnya berada di rumah masing-masing akibat Covid-19.

"Jadi kegiatan yang sudah dan akan dilaksanakan oleh Wanita Al-Irsyad di Jawa Barat seperti pengembangan cabang, pembinaan atau kaderisasi pengurus, majelis taklim, pengembangan pengelolaan TK dan PAUD, dan kegiatan lainnya dalam rangka memajukan Wanita Islam, menjadikan Wanita Al-Irsyad turut andil dalam membangun bangsa," ujar Laila.

Atalia Ridwan Kamil menyambut baik kegiatan yang positif ini. Dia sangat bahagia dan mengapresiasi kegiatan daring ini sebagai bentuk kemajuan bagi organisasi wanita Islam, khususnya Wanita Al-Irsyad yang telah mampu dan mengikuti teknologi informasi, sehingga semua kegiatan yang berbasis daring seperti Haflah Idul Fitri ini dapat mudah dan sukses dilaksanakan oleh Wanita Al-Irsyad.

Meski masing-masing unsur pesertanya berada dalam jarak yang jauh. Baginya Ia merasa sangat dekat di hati dan memiliki ikatan emosional dengan keluarga besar Wanita Al-Irsyad dan karena itu menyatakan rasa haru dan bahagianya bisa berkenalan dan berada di tengah-tengah keluarga besar wanita Al-Irsyad, khususnya di Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Atalia pun mengapresiasi kiprah dan program yang telah dilaksanakan oleh Wanita Al-Irsyad, baik secara nasional maupun di Jawa Barat. Baginya, Wanita Al-Irsyad memiliki sejarah yang luar biasa bagi bangsa ini, karena dari literasi yang dia baca ternyata Al-Irsyad terbilang organisasi sepuh di Indonesia, jauh sebelum kemerdekaan sejak 1914 telah berkiprah bagi umat, dan Wanita Al-Irsyad sudah melakukan hal yang sama sejak organisasi wanitanya dibentuk pada tahun 1930.

Di akhir penutup yang juga diselingi oleh pembawaan mars Al-Irsyad secara audio yang membawa khidmat jalannya acara serangkaian Idul Fitri ini. Ibu Madihah menilai adanya acara Haflah Idul Fitri secara daring yang disebabkan oleh pandemi, tidaklah mengurangi nilai keberkahan silaturahmi.

“Alhamdulillah kita tetap bisa melaksanakan Haflah Idul Fitri meskipun secara virtual, berbeda tahun lalu kita bisa berjabat tangan secara langsung namun kali ini kita maksimalkan aplikasi untuk saling memaafkan," ujar Atalia.

Selamat kepada Wanita Al-Irsyad, khususnya di Jawa Barat yang telah berkemajuan secara teknologi. Mohon Maaf Lahir dan Batin. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H. Taqoballahu Minna Waminkum, Kullu Am Wa Antum Bikhair. (okky adiana)