Masjid di KBB Mulai Gelar Salat Berjamaah

Masjid di KBB Mulai Gelar Salat Berjamaah
Foto: Ahmad Sayuti

INILAH, Ngamprah- Sejumlah masjid di Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali mulai melaksanakan ibadah salat berjamaah setelah diberlakukannya new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), per 1 Juni 2020.

Berdasarkan pantauan di Masjid Alun-alun Lembang, sejumlah jemaah tampak melaksanakan salat berjamaah dengan menerapkan social distancing dalam shafnya. Sebagai tanda, pengurus memasang selotip hitam di bagian lantai sebagai pembatas jarak antara jamaah satu dengan yang lainnya sekitar 1 meter. 

"Benar saat ini masjid sudah boleh menggelar salat berjamaah, terutama di masjid kampung atau lingkungan tempat tinggal. Untuk Masjid Agung KBB sampai saat ini masih belum buka karena di bagian bawahnya jadi tempat isolasi pasien positif COVID-19," kata Ketua MUI KBB KH. Muhammad Ridwan, saat dihubungi Senin (1/6/2020).

Kendati demikian, lanjutnya, saat salat berjamaah diberlakukan para jamaah dan pengurua DKM di setiap masjid harus memperhatikan protokol kesehatan. Seperti pembatasa  jamaah, memakai masker hingga mencuci tangan dan menyemprot masjid dengan disinfektan. 

Sementara itu pengurus DKM Masjid Lembang Enjang, mengaku bersyukur dengan dibuka kembalinya masjid sebagai tempat berjamaah.  Sebab selama pandemi COVID-19 dan PSBB, kegiatan salat berjamaah di masjid praktis ditiadakan sementara waktu. 

"Alhamdulillah sudah dibuka lagi, sangat wajib disyukuri. Masjid sekarang boleh digunakan lagi salat berjamaah, tapi kita ttap lakukan protokol kesehatan sebagai langkah antisipasi," ujarnya. (Ahmad Sayuti)