Dua Toko di Bogor Hangus Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp2 Miliar

Dua Toko di Bogor Hangus Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp2 Miliar
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Kebakaran hebat yang menghanguskan dua bangunan toko di jalan Merdeka, Kecamatan Bogor Tengah pada Minggu (31/5/2020) malam, berhasil dipadamkan tim pemadam kebakaran (damkar) pada Senin (1/6/2020) pagi. Akibat kebakaran ini, kerugian ditaksir Rp2 miliar dari dua toko buku dan busana itu.

Kepala Bidang Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran pada Satpol PP Kota Bogor, Marse Hendra Saputra mengatakan, pihaknya berhasil benar-benar mendinginkan api pada Senin (1/6/2020) pagi, hal ini berkaitan dengan adanya sedikit hambatan dilapangan.

"Kami sempat menghentikan pemadaman pukul 03.00 WIB dikarenakan bangunan dua lantai toko Alat Tulis Kantor (ATK) Naga Kencana serta toko busana Modern itu ambruk. Menghindari ambruk susulan, kami sempat hentikan dahulu dan terlebih posisinya dini hari masih gelap," ungkap Marse kepada INILAH pada Senin (1/6/2020) sore.

Marse melanjutkan, pihaknya kembali melakukan pendinginan api pukul 05.30 WIB Karen kondisi sudah mulai terang dan bisa terlihat bagian bangunan mana masih memungkinkan untuk dijadikan pijakan untuk pemadaman. Karena posisi sumber api terkubur runtuhan bangunan, tim damkar harus fokus pada titik apinya.

"Dengan jumlah 14 mobil damkar yang ada, kami berhasil menguasai api pada pukul 06.50 WIB dan titik api benar-benar padam," tuturnya.

Marse menambahkan, untuk memastikan tidak ada lagi bara api pukul 09.00 WIB hingga siang tim damkar melakukan pengecekan ke dua toko di Jalan Merdeka itu.

"Kami ingin pastikan tidak ada lagi bara api. Jadi kami lakukan beberapa kali pengecekan," tambahnya.

Marse menjelaskan, dari hasil analisa lapangan, diduga kuat penyebab kebakaran adalah konsleting arus listrik. Tetapi itu dugaan hasil analisa tim damkar dilapangan.

"Nah, untuk menentukan hal itu tim inafis Polresta Bogor Kota, apakah penyebabnya konsleting arus listrik atau hal lain. Akibat kejadian kebakaran kerugian ditaksir Rp2 miliar dari dua toko yang terbakar," pungkasnya.