Terancam Batal! Pembukaan Obyek Wisata di Garut pada 2 Juni

Terancam Batal! Pembukaan Obyek Wisata di Garut pada 2 Juni
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut- Rencana Pemkab Garut membuka kembali obyek wisata di Kabupaten Garut pada 2 Juni 2020 setelah selama ini ditutup gegara wabah Covid-19 terancam batal.

Alih-alih mulai diperkenankan menerima kunjungan, pada tanggal tersebut justeru baru akan diumumkan keputusan mengenai dibuka atau tidaknya obyek wisata.

"Jadi begini. Dibuka atau tidaknya (obyek wisata), baru akan diputuskan Selasa (2/6/2020). Kita tunggu saja keputusannya itu," kata Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Garut Makmun kepada wartawan, Senin (1/6/2020).

Dia menyebutkan, Kabupaten Garut salah satu kabupaten dari 15 kabupaten/kota di Jawa Barat yang bisa menerapkan kenormalan baru (new normal) karena Kabupaten Garut masuk level dua atau zona biru Covid-19. Sehingga Garut dapat melakukan kegiatan masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 termasuk di sektor wisata.

Pihak Disbudpar Garut sendiri sedang mempersiapkan levelisasi dan standar pengelolaan tempat wisata.

Dengan adanya ketidakpastian dibuka kembali atau tidaknya obyek wisata di Garut memasuki masa new normal, para pelaku usaha wisata pun mesti menahan kesumringahannya.

Padahal sebelumnya, Pemkab Garut berencana membuka kembali obyek wisata di Garut mulai 2 Juni 2020, seperti disampaikan Bupati Garut Rudy Gunawan kepada wartawan pada Rabu (27/5/2020) lalu.

"Tanggal 2 Juni nanti, tempat wisata boleh buka, terutama hotel dan restoran. Tapi ada aturannya, seperti cuci tangan, menggunakan masker, social distancing dan pembatasan pengunjung," kata Rudy.

Pemkab Garut pun akan menerjunkan personel dari Satpol Pamong Praja dibantu TNI dan Polri untuk mengawasi kawasan obyek wisata.

Rudy juga mengatakan akan mengumpulkan para pelaku usaha wisata untuk disampaikan mengenai imbauan dan rencana pembukaan obyek wisata dengan penerapan protokol pencegahan Covid-19 pada Jum'at (29/5/2020).

"Geliat ekonomi di Kabupaten Garut harus ada, terutama sektor wisata yang menjadi andalan Kabupaten Garut," ujarnya.

Akan tetapi pertemuan pihak Pemkab Garut dengan para pelaku usaha wisata tersebut gagal terealisasi tanpa alasan jelas.

Pada Minggu (31/5/2020), sempat ada pertemuan sejumlah pejabat Disbudpar Garut dengan beberapa pelaku usaha wisata membahas mengenai rencana penyusunan standard operation procedure new normal bagi kegiatan wisata di Garut. Tidak disebut-sebut rencana kapan pembukaan kembali obyek wisata dimulai.(zainulmukhtar)