Masjid Agung Sumber Terapkan Protokol Kesehatan

Masjid Agung Sumber Terapkan Protokol Kesehatan
Foto: Maman Suharman

INILAH, Cirebon - Masjid Agung Sumber Kabupaten Cirebon kini menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Hal itu dilakukan dalam menghadapi persiapan salat jumat dan salat fardu. Imam masjid Hasan mengakui, protokol kesehatan dalam pelaksanaan salat Jumat maupun salat fardu mengacu kepada anjuran pemerintah.

"Mulai hari ini sampai batas waktu yang belum ditetapkan, Masjid Agung Sumber menerapkan protokol kesehatan dalam melaksanakan salat, baik fardu maupun salat Jumat," kata Hasan, Selasa (2/6/2020).

Hasan menjelaskan, aturan yang diberlakukan yakni menjaga jarak setiap saf salat. Jarak-jarak tersebut sudah diatur sedemikian rupa supaya jamaah tidak kebingungan. Hasan memastikan, adanya jarak saf salat dibolehkan selagi darurat.

"Kalau namanya darurat boleh boleh saja, tapi cukup sekali. Makanya kita siapkan jarak untuk membatasi penyebaran virus corona ini. Kami ikuti saja aturan pemerintah, toh ini untuk kepentingan bersama," jelas Hasan.

Hasan memastikan, meskipun ada jarak dirinya optimistis jamaah akan mengerti dan mematuhi aturan yang sudah ditentukan. Bila dihitung, ruangan atas yang biasanya muat sekitar 700 jamaah, bila ada jarak diperkirakan hanya menampung 600 jamaah saja.

"Mau bagaimana lagi, yang penting salat Jumat sudah bisa digelar lagi," tukas Hasan. (Maman Suharman)