DPM FKIP Unpas, Ruang Aspirasi Mahasiswa

DPM FKIP Unpas, Ruang Aspirasi Mahasiswa
Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pasundan (Unpas). (okky adiana)

INILAH, Bandung - Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pasundan (Unpas) lahir sebagai kelembagaan legislatif yang menjadi ruang aspirasi mahasiswa serta untuk memelihara dan menjaga kesatuan dan persatuan yang berlandaskan kekeluargaan.

DPM FKIP Unpas berdiri pada tanggal 14 Juni 2002 di Kampus Unpas, Jalan Tamansari No 6-8. Kegiatan rutin yang dilaksanakan antara lain koordinasi serta advokasi dengan birokrat dan kelembagaan yang ada di lingkungan FKIP Unpas, yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKIP dan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS).

Setiap program studi berdasar isu yang berkembang di lingkungan kampus, mereka melaksanakan kajian secara responsif mengenai isu-isu yang strategis dengan kajian objektif dan komprehensif serta menjalin hubungan dan kerja sama dengan pihak internal serta eksternal kampus.

Ketua Umum DPM, Jaya mengungkapkan, secara umum DPM FKIP Unpas lebih pada kegiatan rutinitas yang menyangkut segala aspek berbagai kebijakan dan kebutuhan dari kelembagaan dan mahasiswa. Karena secara pelaksanaan mengenai program kerja di kelembagaan tingkat fakultas sudah difasilitasi oleh lembaga eksekutif yaitu BEM FKIP Unpas.

“Untuk keanggotaan secara struktural, DPM FKIP Unpas memiliki 17 pengurus dari delegasi setiap HMPS setiap program studi yang ada di lingkungan FKIP Unpas,” terang Jaya, Selasa (2/6/2020).

Dia menambahkan DPM FKIP Unpas menyesuaikan segala aspek yang saling berhubungan, terutama visi dan misi yang menjadi pedoman besar. Di mana, lembaga aspirasi mahasiswa ini memiliki visi besar dalam mengembangkan solidaritas mahasiswa FKIP Unpas dalam menerapkan tujuan bersama sebagai fungsi dari nilai kekeluargaan.

“Dengan berbagai kultur yang berbeda-beda dari setiap Program Studi yang berada di lingkungan FKIP Unpas tidak menjadi hambatan yang besar dalam menempuh harapan tersebut, demikian dengan suatu yang berbeda semua aspek menjadi satu kesatuan yang utuh dan kuat,” ujarnya.

Selain itu, DPM FKIP Unpas sendiri menjadi kontrol dari program kerja atau event yang dilaksanakan oleh lembaga eksekutif yakni BEM FKIP.

“Kami berharap, semoga DPM FKIP Unpas semakin menjadi bagian yang kuat dan tak terpisahkan dalam sebuah perjuangan mahasiswa khususnya di lingkungan Fakultas, Universitas dan bangsa. Dan, semoga ke depannya DPM FKIP Unpas dapat lebih meningkatkan peran serta dalam rangka memfasilitasi berbagai ruang kebutuhan dan aspirasi mahasiswa. Selanjutnya dapat meningkatkan solidaritas yang kuat dalam meningkatkan kebersamaan melalui kelembagaan yang berada di lingkungan fakultas,” pungkasnya. (okky adiana)