627 Unit Pusling Akan Pantau Kerumunan Warga di Jabar

627 Unit Pusling Akan Pantau Kerumunan Warga di Jabar

INILAH, Bandung - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menyiagakan 627 unit mobil puskesmas keliling (pusling) untuk melakukan pengecekan Covid-19 selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) maupun adaptasi kebiasaan baru (AKB). Setiap unit pusling ini akan berhenti dan melakukan tes pada lokasi yang terdapat kerumunan warga.

Ketua Divisi Pelacakan Kontak, Pengujian Massal, dan Manajemen Laboratorium Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar Siska Gerfianti mengatakan, setiap unit akan dibekali 300 tes kit Covid-19.

"Jadi di masa AKB ada 627 pusling akan convert jadi mobile Covid-19 test, akan kami berikan kit tes 300 pieces per mobil untuk tiga tahap. Jadi seratus dulu, berikut dengan APD, perangkat lain untuk penunjang," ujar Siska, Selasa (2/6/2020).

Siska mengaku, dalam mengoperasikan pusling menjadi mobile tes Covid-19 ini pihaknya akan berkordinasi dengan kabupaten kota. Di mana saat ini sudah ada daerah, yakni Kota Cimahi yang telah menjajal pemanfaatan pusling untuk tes Covid-19 ini.

"Hari Minggu keliling di Pasar Atas, ada 200 pedagang pasar dari situ ke Cibabat di sana ada sekelompok ojol yang sedang mangkal dan pedagang itu 24 sampel dengan hasil non reaktif,superindo juga," katanya.

Siska memastikan, mobil tersebut akan berkeliling  di setiap kecamatan dan berhenti di setiap kerumunan untuk melakukan pemeriksaan. Hal ini, dia mengatakan, sebagai upaya preventif dalam mencegah penularan Covid-19.

"Kalau ada hasil tes yang menunjukan reaktif maka akan dilanjutkan dengan tes PCR untuk lebih memastikan," katanya. (Rianto Nurdiansyah)