Pemkot Cimahi Lakukan Swab Test Sopir di Pasar Atas Cimahi

Pemkot Cimahi Lakukan Swab Test Sopir di Pasar Atas Cimahi
Foto: Ahmad Sayuti

INILAH, Cimahi - Dinas Kesehatan Kota Cimahi bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Cimahi melaksanakan swab test secara Gratis dengan sasaran 100  orang pengemudi angkutan umum di terminal Pasar Atas Cimahi, Selasa (2/6/2020).

Kepala Seksi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Menular, dr Romi Abdurakhman mengatakan Pengemudi angkutan umum terminal Pasar Atas yang datang untuk melakukan Test Swab sebanyak 72 orang.

“Rencana nya kita pun akan melakukan Swab Test terhadap Pengemudi Angkutan Umum dan Kusir Delman di daerah Cimindi” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima INILAH, Selasa (2/6/2020).

Sementara Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi Chanifah Listyarini para pengemudi dijadikan sasaran tes lantara mereka  garda terdepan yang selalu bertemu penumpang atau orang banyak.

Oleh karena itu perlu di lakukan tes untuk mengetahui apakah pengemudi tersebut sehat dan bebas dari Covid-19.

“Swab Test ini dilakukan agar kita dapat mengetahui siapa saja yang sudah terpapar sambil kita melakukan tracking kepada orang yang kontak erat dengan orang yang positif Covid 19," ujarnya.

Apabila hasil dari Swab test ini ada yang terindikasi positif Covid 19, pihaknya akan langsung menjemputnya dan dilakukan perawatan serta isolasi untuk memutus mata rantai penyebarannya.

Berdasarkan data yang diterima dari Pusat Covid 19 Kota Cimahi, 1 Juni 2020, di Kota  Cimahi terdapat  1.797 OTG, 528 ODP, 50 PDP, dan 85 positif covid 19. Dari total 1975 0TG, 1567 orang telah selesai diperiksa dan hasilnya negatif, sementara 438 lainnya masih dipantau.

Untuk ODP dari 528 orang,  464 negatif  dan 74 masih dipantau, kemudian dari 58 PDP, ada 34 orang yang negatif dan 24 dalam pengawasan. Sedangkan dari 85 yang positif, 3 meninggal dunia, 32 orang sembuh serta 50 sedang diisolasi. (Ahmad Sayuti)