Pemkot Bandung Cek Kesiapan Mal Hadapi AKB

Pemkot Bandung Cek Kesiapan Mal Hadapi AKB

INILAH, Bandung - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna mengaku telah mengecek kesiapan simulasi adaptasi kebiasaan baru (AKB) di sejumlah pusat perbelanjaan atau mal.

“Secara umum, kami cukup puas dengan kesiapan masing-masing pengelola mal. Mereka sudah memperlihatkan kesiapannya menghadapi AKB,” kata Ema di Mal Bandung Indah Plaza, Jalan Merdeka, Kota Bandung pada Selasa (2/6/2020).

Meski demikian, dia belum dapat memastikan apabila 23 mal yang melakukan simulasi ini akan kembali beroperasi. Sebab pertimbangan hingga keputusan, nantinya ada di wali Kota Bandung.

“Kita lapor dahulu, karena yang mengambil kebijakan pak wali kota,” ucapnya.

Meski setiap mal memiliki penyesuaian yang berbeda-beda dalam mengatur pergerakan pengunjung, namun disebut dia, semua mal akan tetap mengacu kepada protokol kesehatan.

“Contoh di BIP. Semua masuk dari depan, dan di setiap pintu diwajibkan pengecekan suhu tubuh. Jika tidak menggunakan masker, siapapun tidak diperbolehkan masuk,” ujar dia.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah mengatakan apabila 23 mal kembali beroperasi, ada beberapa tempat yang tidak boleh beraktivitas.

“Yang tidak boleh itu bioskop, area bermain anak-anak, spa, dan salon. Gerai yang lain boleh buka tetapi dibatasi kapasitasnya hanya 30 sampai 50 persen saja,” kata Elly. (yogo triastopo)