Batal Berangkat Haji Tahun Ini, MUI Jabar Minta Umat Bersabar dan Ikhlas

Batal Berangkat Haji Tahun Ini, MUI Jabar Minta Umat Bersabar dan Ikhlas
net

INILAH, Bandung - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat meminta jamaah haji untuk ikhlas dan bersabar. Hal tersebut merupakan respons kebijakan Kementerian Agama (Kemenag) yang menunda keberangkatan calon jamaah haji pada tahun ini.

Sekretaris MUI Jabar Rafani Achyar mengatakan, pihaknya memahami kekecewaan yang dialami para calon jamaah haji. Namun, demi keselamatan umat jamaah haji pun diminta untuk iklhas.

"Kepada jamaah diminta bersabar, walaupun kita tau mereka udah lama nunggu jadi kita juga merasakan lah perasaan sedih da kecewa tapi kan ini yang terbaik," ucap Rafani saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (3/6/2020).

"Tapi kan yang sudah lunas sekarang 2021 akan jadi prioritas ga akan berubah, jadi pemerintah walaupun menunda memberikan jaminan juga," sambungnya.

Saat disinggung terkait keputusan pemerintah, Rafani mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi keputusan yang diambil terkait penundaan pemberangkatan jamaah haji. Pasalnya, hingga saat ini belum ada kepastian dari pemerintah Arab Saudi terkait haji.

"Kami menganggap kebijakan menunda pemberangkatan haji tahun ini tuh sangat tepat. Karena kan sampai hari ini pun tidak ada kepastian dari pemerintah Arab Saudi," ungkap Rafani.

Selain itu, tidak ada jaminan keselamatan bagi jamaah haji asal Indonesia juga menjadi satu di antara alasan kebijakan pemerintah sudah tepat. Pasalnya, Rafani menambahkan, di tengah pandemi Covid-19 ini tidak ada yang bisa menjamin bahwa para jamaah bisa terbebas dari penyakit tersebut.

"Kedua kan demi mengutamankan keselamatan jamaah yah, karena salah satu syarat haji itu yah kalau ada jaminan keselamatan, saya kira tepat lah," pungkas Rafani. (Ridwan Abdul Malik)