Begini Nasib Industri Kabupaten Bandung di Tengah Pandemi Covid-19

Begini Nasib Industri Kabupaten Bandung di Tengah Pandemi Covid-19
Foto: Dani R Nugraha

INILAH,Bandung- Bupati Bandung Dadang M Naser menyatakan bahwa semenjak merebaknya pandemi virus corona (covid-19), sejumlah industri di Kabupaten Bandung tetap beroperasi.

Hanya saja, sejumlah industri yang beroperasi harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti menjaga jarak dan melakukan penyemprotan disinfektan. Tak hanya itu saja, pihaknya juga rutin melakukan pemantauan protokol kesehatan Industri.

“Sejak awal terjadinya Covid 19,  yaitu menjelang bulan Ramadan, industri di Kabupaten Bandung tetap jalan. Saya merasa berat jika perusahaan sampai ditutup, maka dari itu, guna mencegah penyebaran virus corona, kami mengatur jam kerja karyawan industri. Sehingga tidak ada karyawan yang diliburkan maupun di PHK,” kata Dadang usai mendampingi Gubernur Jabar Ridwan Kamil meninjau industri garmen yang beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan di Kecamatan Katapang, Rabu (3/6/2020).

Selain tetap membuka industri, kata Dadang,  Pemerintah Kabupaten Bandung juga tetap membuka tempat perbelanjaan, minimarket dan mal. Karena tidak semua wilayah di Kabupaten Bandung berstatus zona merah. Hal tersebut, dapat terbukti dimana pada saat PSBB Jabar, hanya ada lima kecamatan di Kabupaten Bandung yang diterapkan PSBB. 

“Kabupaten Bandung saat ini berstatus zona kuning. Hal ini membuat kita menjadi lebih waspada. Apalagi, Kabupaten Bandung berencana untuk membuka sektor pariwisata secara bertahap,” ujarnya.

Semenjak penerapan (PSBB), lanjut Dadang, Pemerintah Kabupaten Bandung mengeluarkan Surat Edaran Bupati Bandung, dimana bagi tempat perbelanjaan yang ingin tetap beroperasi maka wajib memiliki surat izin, yang memuat jam operasional tempat perbelanjaan tersebut. 

“Bagi pemilik usaha yang sudah disiplin saat PSSB, maka pada saat penerapan AKB, kami akan tambah jam operasionalnya. Pasar tradisional adalah sektor yang paling sulit diterapkan social distancing, sehingga kami akan rutin melakukan penyemprotan disinfektan,” ujarnya.(rd dani r nugraha).