Hingga Sorong Papua, Bakti BB 1% MC di Massa Pandemi Covid-19

Hingga Sorong Papua, Bakti BB 1% MC di Massa Pandemi Covid-19
istimewa

INILAH, Bandung-Pandemi Covid-19 memaksa sejumlah masyarakat untuk mengalami kehidupan yang baru secara sosial maupun ekonomi. Dampaknya, tak sedikit yang tergelincir secara finansial juga dituntut kian memperhatikan kesehatan maupun kebersihan lebih ekstra dari sebelumnya. 

Karena itu, Bikers Brotherhood 1% MC (BB 1% MC) merasa perlu turut andil menyikapi efek pandemi yang dewasa ini membuat masyarakat resah. Sebagai klub motor tertua di Indonesia, BB 1% MC memang tidak melulu sibuk dengan kegiatan touring maupun konvoi seperti lazimnya yang dilakukan perkumpulan penggemar kendaraan roda dua. Sejumlah kegiatan sosial sudah kerap dilakukan, khususnya ketika ada musibah yang melanda negeri ini. 

Tak terkecuali di masa Pandemi Covid-19, semangat sosial BB 1% MC otimatis muncul. Di mana mereka memberikan bantuan dari mulai bahan pokok, peralatan medis berupa APD hingga mendirikan tempat cuci tangan di sejumlah titik vital. Upaya meringankan beban masyarakat yang terdampak tersebut adalah bagian program 1%  Bakti Untuk Negeri yang bekerjasama dengan Jabar Quick Response (JQR), Bank Bjb, Rumah Yatim dan Eiger. 

El Presidente Bikers Brotherhood 1% MC Pegi Diar mengatakan, bantuan berupa beras dan makanan sereal dibagikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 di seluruh Indonesa. Tidak hanya di kabupaten kota Jawa Barat, namun disalurkan hingga Batam Kepulauan Riau dan Sorong Papua Barat .  Di mana pihaknya mendistribusikan bantuan sebanyak 1 Ton beras serta 1.728 bungkus makanan sereal. Adapun pendistribusian bantuan di wilayah Jawa Barat melalui check point yang berada di sejumlah kabupaten/kota di Jawa Barat, kemudian pendistribusian ke luar Jawa Barat melalui Chapter yang ada di seluruh Indonesia. 

"Sementara untuk pendistribusian untuk di kawasan Bandung Raya diberikan oleh anggota mulai dari Prospect, Virgin hingga Life Member," ujar Pegi, usai memberikan alat pelindung diri (APD) kepada dokter yang juga merupakan member BB 1% MC secara simbolis di sekretariat BB 1% MC jalan Veteran Kota Bandung Jawa Barat, Rabu (3/6/2020) malam. 

Sementara itu Vice President BB 1%  MC Yudhie Riadi Sjam menjelaskan, pihaknya juga mendirikan dapur umum yang dibantu oleh Support 22 BB 1% MC yaitu Bikers Chef, dapur umum ini secara rutin pihaknya mengaku memberikan nasi bungkus kepada masyarakat yang memang sangat membutuhkan.

"Selama Covid-19 ini bekerjasama dengan sejumlah pihak menyisir masyarakat yang memang tidak terekam oleh pemerintah namun sangat membutuhkan uluran tangan kami untuk mendapatkan bantuan," ujar Yudhie.

Sedangkan untuk bantuan APD, BB 1% MC mendistribusikannya kepada seluruh Chapter dan Check point yang ada di Indonesia, untuk kemudian diserahkan kembali kepada tenaga medis yang berada di puskesmas dan rumah sakit. 

"Kami juga secara langsung memberikan APD ini kepada 15 dokter yang merupakan anggota BB 1% MC. Pasalnya mereka adalah garda terdepan dalam penanganan Covid-19 yang selama pandemi ini," kata dia. 

Yudhie menambahkan, di sejumlah daerah BB 1% MC juga mendirikan tempat cuci tangan di titik-titik vital, untuk memudahkan masyarakat menjaga pola hidup sehat dengan mencuci tangan. 

"Kami juga mendistribusikan cairan disinfektan untuk menjaga lingkungan dari virus. Bahkan kami juga langsung terjun ke masyarakat untuk menyemprotkan disinfektan di sejumlah lingkungan," tutur Yudhie. 

Untuk mekanisme pendistribusian, BB 1% MC mengandalkan BrotherhoodFor Nature (BFN) yang memang kerap terjun langsung kelapangan saat terjadi musibah di Indonesia. Namun keberhasilan menghentikan pandemi Covid-19, menurut dia,  harus didukung oleh masyarakat. Karena itu, BB 1% MC juga memberikan edukasi terkait bahaya Covid-19 disamping pihaknya terus memberikan sosialisasi agar masyarakat melakukan pola hidup sehat. 

"Melalui berbagai ruang kami memberikan edukasi dan sosialisasi agar masyarakat bisa hidup disiplin dengan menerapkan pola hidup sehat," kata dia. 

Yudhie berharap, angka penyebaran Covid-19 terus menurun dari waktu ke waktu, terlebih dengan pemberlakuan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau new normal masyarakat bisa lebih disiplin lagi. Agar dengan aturan pemerintah ini masyarakat bisa kembali menjalankan roda perekonominya. 

"Yang jelas kami dari BB 1% MC pandemi cepat usai, meskipun dengan new normal perekonomian bisa berjalan kembali," pungkas Yudhie. 

Adapun bantuan yang diberikan oleh BB 1% MC, yaitu beras 1 ton, makanan sereal 1728 bungkus, nasi bungkus 400. Sedangkan alat pelindung diri (APD), sebanyak 1500 set melalui BB 1% MC West Java Chapter, Central Java Chapter 200 set, East Java Chapter 200 set, Bali Chapter 200 set, Lombok Chapter 200 set, Borneo Chapter 200 set, Sumatra Chapter 160 set, Checkpoint Kupang 200 set, Checkpoint Sulawesi 125 set, Checkpoint Batam 50 set, Jakarta Chapter 200 set, Checkpoint Sorong Papua 75 set. Adapun sebanyak 1200 set APD saat ini dalam proses pendistribusian ke sejumlah daerah di Indonesia lainnya. (riantonurdiansyah)