Damkar Kota Bogor Evakuasi Ular Kobra Berukuran Besar di Tempat Katering

Damkar Kota Bogor Evakuasi Ular Kobra Berukuran Besar di Tempat Katering
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bogor mengevakuasi seekor ular kobra dewasa di tempat bisnis katering di wilayah Gg Kayu Manis No 2, RT 04/01, Kelurahan Menteng, Kec Bogor Barat, Kamis (4/6/2020). Saat dievakuasi ular kobra berada di bawah rak dapur.

Komandan Sektor (Dansek) Pos Damkar Yasmin Aswinata mengatakan, Tim Rescue Pemadam Kebakaran Kota Bogor Pos Yasmin melakukan evakuasi seekor ular kobra berukuran sekitar 1,5 meter di dapur katering di Gang Kayu Manis, Kelurahan Menteng, Kecamatan Bogor Barat.

"Petugas mendapat laporan adanya seekor ular yang merayap masuk ke dalam rumah katering. Mendapatkan laporan tersebut petugas langsung mendatangi lokasi," ungkap Yasmin.

Dia mengatakan, tim rescue kompi B yang dipimpin Dedi dengan anggota rescue Iwan dan Nurdiansyah langsung melakukan evakuasi. Setelah diketahui keberadaan ular tersebut petugas langsung melakukan evakuasi dengan menggunakan peralatan rescue.

"Saat evakuasi posisi ular ada di dapur di dekat tumpukan barang, Alhamdulillah petugas berhasil melakukan evakuasi," tambahnya.

Dia menambahkan, petugas Damkar yang melakukan rescue sudah dibekali pelatihan untuk mengevakuasi binatang liar. Untuk itu, dalam waktu sekitar 10 sampai 15 menit ular berhasil dievakuasi. Rencananya ular kobra tersebut akan diserahkan kepada pihak berwajib.

"Setelah dievakuasi mulut ular dilakban agar tidak membahayakan kemudian kami bawa ke pos untuk selanjutnya diserahkan kepada BKSDA," tuturnya.

Pemilik usaha katering, Galih mengatakan pada dini hari dirinya seperti melihat sesosok ular yang merayap di bawah rak meja dapur. Setelah disusuri ternyata benar seekor ular dengan panjang 1,5 m itu tengah diam di bawah rak meja dapur.

"Saya langsung telepon Damkar dan harus dipantau sampai tim datang. Hanya dengan menggunakan alat capitan dan karung goni, ular tersebut pun bisa dievakuasi," terangnya. (Rizki Mauludi)