Korban Cabut Laporan, Ferdian Paleka cs Bebas Dari Jeratan Bui

Korban Cabut Laporan, Ferdian Paleka cs Bebas Dari Jeratan Bui
Foto: Ridwan Abdul Malik

INILAH, Bandung - Youtuber Ferdian Paleka cs dibebaskan Satreskrim Polrestabes Bandung. Pembebasan Ferdian dikarenakan korban mencabut laporannya.

Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP Galih Indragiri mengatakan, satu di antara yang menjadi dasar pembebasan Ferdian Paleka cs karena dicabutnya laporan oleh korban pada pekan lalu.

"Dasarnya yang pasti adalah pencabutan aduan dan laporan dari korban pada kami yang kita terima satu Minggu yang lalu, itu menjadi dasar kita untuk mengeluarkan para tahanan. Karena seperti yang kita ketahui bersama, untuk kasus ITE ini pasal 45 ayat 3 di sini yang kita persangkakan adalah masuk ke dalam delik aduan, jadi itu menjadi dasar kita," ucap Galih saat ditemui di Mapolrestabes Bandung, Kamis (4/6/2020).

Dengan bebasnya Ferdian Paleka cs, Galih memastikan, proses hukum atas kasus Youtuber yang viral dengan prank bantuan isi sampah tersebut berhenti.

"Ya, jadi dengan dicabutnya itu, pasti kita hentikan kasusnya," ungkap Galih.

Saat disinggung alasan korban mencabut laporannya. Galih menambahkan, itu menjadi urusan daripada korban dengan Ferdian Paleka cs. Pihaknya tidak bisa memberikan penjelasan secara rinci.

"Iya, jadi pelapor juga sudah menanyakan kepada kami bahwasanya yang bersangkutan akan mencabut dan itu semua kita serahkan kepada pelapor yang menerima perundungan itu," pungkasnya.

Perlu diketahui sebelumnya, Youtuber Ferdian Paleka cs dikecam warga netizen atas perbuatannya yang melakukan 'prank' membagikan sembako berisi sampah hingga batu kepada para transgender di Jalan Ibrahim Adjie, Kota Bandung.

Atas perbuatannya, Ferdian cs terancam dijerat Pasal 45 Ayat 3 UU ITE tentang penghinaan atau pencemaran nama baik melalui informasi elektronik. Selain itu polisi juga menerapkan dua pasal tambahan atas kasus tersebut, yakni Pasal 36 dan Pasal 51 Ayat 2 UU Nomor 11 Tahun 2008. (Ridwan Abdul Malik)