Robert Alberts Berharap Indonesia Tiru Vietnam dan Korea Selatan

Robert Alberts Berharap Indonesia Tiru Vietnam dan Korea Selatan
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - Liga kasta tertinggi Jerman, yakni Bundesliga menjadi acuan bagi negara lainnya. Terutama dalam menjalankan protokol kesehatan.

Pasalnya Bundesliga menjadi kompetisi sepak bola pertama di Eropa yang kembali bergulir di tengah wabah virus corona (Covid-19) setelah mengalami penundaan.

Kabarnya, sejumlah kompetisi seperti Liga Inggris, La Liga Spanyol, serta Serie A Italia pun akan mengadopsi protokol kesehatan yang diterapkan Bundesliga.

Menyikapi hal itu, Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts mengatakan Indonesia tidak bisa meniru protokol kesehatan yang dilakukan Jerman. Sebaliknya acuan dilakukan pada negara yang lokasinya dekat dengan Indonesia.

"Seperti Vietnam dan Korea Selatan. Mereka juga sudah memulai kembali liganya. Beberapa negara Asia juga sudah mulai bersiap (memulai liga). Jadi kami tidak perlu banyak memperhatikan negara Eropa," ujar Robert saat dihubungi.

Seperti halnya Vietnam, kata Robert yang tidak hanya menjalankan kembali Liga. Namun setiap klubnya untuk memprioritaskan memainkan striker lokal demi kepentingan tim nasional Vietnam.

"Selain itu bagaimana memberi suplemen kesehatan kepada pemain lebih kuat. Meski diet sudah direkomendasikan oleh pelatih timnas. Ini juga fakta menarik kami semua tahu kualifikasi Piala Dunia akan digelar kembali akhir tahun ini jika semua berjalan sesuai rencana," pungkasnya. (Muhammad Ginanjar)