Judo Jabar Rencanakan TC di Korea Selatan Jika Virus Corona Berakhir

Judo Jabar Rencanakan TC di Korea Selatan Jika Virus Corona Berakhir
Foto: Muhammad Ginanjar

INILAH, Bandung - Performa atlet judo Jawa Barat dipastikan tidak maksimal. Hal itu diungkapkan Pelatih Judo Jabar Chae Mugi.

Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan ketidakmaksimalan itu terjadi karena selama para atletnya berlatih secara mandiri di kediamannya masing-masing. Alasannya demi menghindari paparan virus Corona (Covid-19).

"Garis besarnya latihan kurang maksimal. Karena kondisi kalau lagi Pelatda di Jabar sama di rumah masing-masing yang dilakukan mungkin sama tapi porsinya pasti beda," ujar Saem-sapaan akrabnya, di Gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Kamis (4/6/2020).

Saem berharap pandemi Covid-19 ini segera berakhir. Sehingga keinginan untuk memberangkatkan para atletnya ke Korea pada Oktober mendatang bisa terlaksana.

"Untuk sementara sih dikembalikan ke atlet untuk latihan sendiri sesuai program yang diberikan saat Pelatda di Pajajaran. Sekarang yang diharapkan dan ditunggu Corona cepat hilang, kondisi membaik sehingga KONI Jabar bisa bergerak cepat membawa atlet kembali latihan terpusat," harapnya.

Di Korea Selatan sendiri, kata Saem beberapa kegiatan sudah dilakukan. Seperti halnya beberapa pertandingan cabang olahraga baseball hingga sepak bola sudah mulai dijalankan kembali.

"Pemain-pemain pro di sana sudah melakukan pertandingan dan pertandingan tanpa jeda. Dengan keamanan tanpa penonton dan lainnya. Ini yang mendasari saya ingin membawa atlet Jabar kembali berlatih di sana untuk mengembalikan kondisi mereka sepeti semula dan meningkatkannya," bebernya.

Saat ini, Saem mengaku hanya bisa memantau perkembangan atletnya melalui video yang dikirimkan masing-masing atlet di grup whatsapp.

"Kondisi mereka baik, tidak ada yang cedera, tidak ada yang Corona. Untuk atlet yang bekerja seperti biasa seperti TNI dan Polisi mereka tetap latihan sesuai aturan dan perizinan dari atasannya," pungkasnya. (Muhammmad Ginanjar)