Tak Ada Pembangunan RKB 2020, Ketua Komisi IV Minta Ini ke Ade Yasin

Tak Ada Pembangunan RKB 2020, Ketua Komisi IV Minta Ini ke Ade Yasin
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Bogor - Karena pergeseran anggaran, tahun 2020 ini Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor meniadakan proyek pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB).

"Tahun ini kami meniadakan proyek pembangunan RKB, kalaupun ada yang lolos lelang pengadaan barang jasa maka akan ada perjanjian bahwa pembayaran proyek insfrastruktur pendidikan tersebut dilakukan pada awal tahun 2021 mendatang," kata Entis Sutisna Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor kepada wartawan, Kamis (4/6).

Pria asli Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor ini menambahkan kareja 35 persen Dana Alokasi Khusus (DAK) dipangkas, maka jajarannya hanya merehabilitasi ruang kelas.

"Kalau untuk proyek rehabilitasi ruang kelas atau gedung sekolah, itu ada 250 paket proyek dan proyek ini akan segera dilelang oleh Bagian Pengadaan Barang Jasa Setda Kabupaten Bogor," tambahnya.

Berkurangnya anggaran untuk Dinas Pendidikan ini dimaklumi oleh Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor, karena anggarannya digunakan untuk menanggani wabah virus corona (covid 19).

"Saya memohon masyarakat khususnya insan pendidikan memaklumi akan banyak tidak terbangunnya RKB, hal itu karena lebih pentingnya penangganan wabah covid 19," ucap Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor Muad Khalim.

Untuk mengejar tuntasnya target perbaikan gedung sekolah yang rusak  dan pembagunan RKB pada tahun 2021 sesuai target Bupati Bogor Ade Yasin, ia pun meminta adik mantan Bupati Bogor Rahmat Yasin tersebut pada tahun 2021 mendatang memperbesar alokasi anggaran untuk dinas pendidikan.

"Saat ini proyek pembangunan RKB kan ditiadakan, jadi tahun depan anggaran untuk pembangunan RKB alokasi anggarannya harus diperbesar dua kali lipat dari tahun - tahun sebelumnya. Bagi saya pendidikan dan kesehatan ini sama - sama sangat penting karena ini menyangkut kepada upaya pengentasan kemiskinan," pintanya. (Reza Zurifwan)