Hasil Rapid Test Plaza Bogor, Lima Pengunjung Reaktif

Hasil Rapid Test Plaza Bogor, Lima Pengunjung Reaktif
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Pakuan Jaya (PPJ) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor menggelar rapid test di halaman pasar Plaza Bogor, Jalan Suryakencana, Kecamatan Bogor Tengah pada Kamis (4/6/2020) siang. Hasilnya lima pengunjung pasar reaktif dan akan menjalani swab test.

Direktur Utama (Dirut) Perumda PPJ Muzakkir menyebutkan, ada 156 orang yang mengikuti rapid test hari ini. Mereka berasal mayoritas dari para pedagang dan pengunjung di pasar Plaza Bogor.

"Berdasarkan hasil rapid test yang dilakukan tadi, dari 156 orang didapatkan ada lima orang yang reaktif," ungkap Muzakkir pada Kamis (5/6/2020) sore.

Muzakkir melanjutkan, lima orang yang reaktif itu berasal dari para pedagang, selanjutnya setelah ada hasil ini, pihak Dinkes akan melakukan swab test terhadap lima orang tersebut. 

"Nanti akan diswab test oleh Dinkes besok. Untuk hasilnya paling lama satu Minggu setelah test," tambahnya.

Ia menjelaskan, dengan adanya yang reaktif itu, belum tentu yang bersangkutan positif karena harus melalui swab test dahulu yang akurat. Pengalaman dari rapid tes dan swab test di sejumlah pasar seperti di pasar Kebon Kembang dan Pasar Bogor, semuanya hasilnya negatif dari swab test. Hanya ada satu orang positif ketika di swab test di pasar Gunung Batu, tetapi itupun sedang dicari rekam jejaknya.

"Semua yang dilakukan swab test di pasar pasar ketika diketahui ada yang reaktif, hasilnya alhamdulilah negatif semua. Tapi ada satu orang yang positif, itupun berasal dari pengunjung pasar Gunung Batu. Bisa saja pengunjung itu kebetulan lewat saat dilakukan rapid test. Masih kita telusuri sekarang," jelasnya.

Muzakkir membeberkan, terkait adanya lima orang pengunjung Pasar Plaza Bogor yang reaktif, ia meminta kepada kelimanya untuk melakukan isolasi mandiri di rumahnya sambil menunggu swab test. 

"Kita juga akan lakukan penyemprotan di Plaza Bogor, untuk antisipasi penyebaran Covid-19 ini," bebernya.

Sementara itu Kepala Unit Plaza Bogor, Hardian R mengatakan, dirinya mendapat informasi bahwa lima orang yang reaktif adalah para pengunjung plaza Bogor dan mereka mengikuti rapid test. Untuk pedagang Insya Allah masih aman dan semua sudah ikut rapid test ini.

"Karena itu pengunjung, untuk pertokoan tetap buka di plaza Bogor atau masih berjalan normal. Mudah-mudahan selalu aman di Plaza Bogor," pungkasnya.