Jelang Salat Jumat, Masjid Agung Sumber Steril

Jelang Salat Jumat, Masjid Agung Sumber Steril

INILAH, Cirebon - Menjelang Sholat Jumat, (5/6/2020) lingkungan mesjid agung sumber Kabupaten Cirebon, disterilisasi dan dibersihkan. Tim yang terdiri dari BPBD Kabupaten Cirebon, Dinas Kesehatan, Polresta Cirebon, Kodim dan Pemadam kebakaran melakukan pembersihan dilingkungan mesjid agung sumber. Mereka melakukan penyemprotan diinfektan ke dalam dan luar mesjid. 

"Ini sebagai antisipasi penyebaran covid-19. Kami sterilkan semua lingkungan mesjid, baik diluar maupun bagian dalam," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon, Alex.

Alex menjelaskan, dibukanya kembali aktifitas sholat jumat di mesjid agung sumber, otomatis protokol kesehatan juga harus tetap dilakukan. Disinilah tugas dan fungsi tim gugus tugas untuk bisa memberikan protokol kesehatan. Masalahnya, saat pelaksanaan sholat jumat nanti, akan ada ratusan jamaah yang datang.

"Protokol kesehatan akan tetap kita jalankan sesuai dengan mekanisme. Saat shalat jumat kan ada ratusan jamaah pastinya. Disinilah kita menjalankan protokol kesehatan. Shalatnya juga tetap jaga jarak, dan sudah acc dengan DKM," jelas Alex.

Sementara itu, beberapa jamaah yang menyaksikan proses pembersihan mesjid mengaku bersyukur, shalat jumat kembali digelar di mesjid agung sumber. Meskipun DKM dan Pemkab Cirebon melakukan protokol kesehatan secara ketat, namun mereka menilai hal tersebut, wajar. Masalahnya, ditengah wabah covid-19, Pemkab harus bisa melindungi kesehatan masyarakat dengan aturan yang sudah ditentukan. 

"Sholat jumat kembali dibuka lagipun, kami sudah bersyukur. Masalah sholat yang diatur jaraknya, itu tidak masalah. Karena dengan kondisi seperti ini, MUI sudah tahu aturannya seperti apa," aku Yanto salah satu warga sumber. (maman suharman)