Ratusan Guru Honorer Bersertifikasi Belum Dapat SK Gubernur

Ratusan Guru Honorer Bersertifikasi Belum Dapat SK Gubernur
ilustrasi

INILAH, Bandung - Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Jabar menuntut Gubernur Jabar Ridwan Kamil segera keluarkan SK penugasan bagi guru-guru Non PNS di SMA/SMK/SLB Negeri yang sudah lulus pendidikan dan latihan profesi guru juga pelatihan profesi guru (PLPG/PPG) dan sudah memiliki Sertifikasi Pendidik, namun tidak bisa cair tunjangan profesi guru (TPG), karena belum memenuhi syarat yaitu SK penugasan dari Pemerintah Daerah.

Berdasarkan Peraturan Dirjen  GTK  Kemedikbud Nomor 5741/B.B1.3/HK/2019 di sebutkan salah satu persyaratan penbayaran TPG bagi guru Non PNS di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah dibuktikan dengan SK oleh pejabat Pembina Kepegawaian.

Ketua FAGI Jabar Iwan Hermawan menuturkan, berdasarkan data dari Forum Guru Honorer Bersertifikasi Sekolah Negeri (FGHBSN) Jabar, ada 200 lebih guru Honorer di Sekolah Negeri di Jawa Barat yang menunggu SK Gubernur, diantara mereka selain yang sudah Lulus PPG ada yang sudah dapat sertifikasi dari Bupati/Walikota tapi di berhentikan TPG nya setelah SMA/SMK dialih pengelolaan oleh Provinsi.

"FAGI berharap Gubernur jangan mempersulit SK penugasan mereka karena jika cair tidak akan ganggu APBD karena TPG bersumber dari APBN, justru akan lebih menguntungkan Provinsi Jabar guru-guru non PNS di sekolah Negeri menjadi tambah pe penghasilan," imbuh Iwan, Jumat (5/6/2020). (Okky Adiana).