Dear Sancho, Cobalah Bersikap Dewasa!

Dear Sancho, Cobalah Bersikap Dewasa!
Jadon Sancho (kiri). (Net)

INILAH, Jakarta- Gara-gara potong rambut, Jadon Sancho didenda. Si pemain ngamuk, tapi disarankan bersikap lebih dewasa.

Operator Liga Jerman (DFL) menjatuhkan denda kepada Sancho dan rekan satu timnya Manuel Akanji setelah foto keduanya sedang potong rambut beredar di media sosial.

Yang jadi persoalan bukan karena potong rambutnya. Melainkan, si pemain maupun penata rambut tak memakai alat pelindung diri seperti masker atau sarung tangan sesuai protokol kesehatan.

Hukuman tersebut membuat Sancho kesal. Pesepakbola berusia 20 tahun itu sempat bereaksi lewat akun media sosialnya dengan menyebut kalau hukuman tersebut konyol.

Gelandang Dortmund, Emre Can, menyebut Sancho perlu dibimbing. Can berharap Sancho lebih dewasa dalam bertindak di luar lapangan.

"Jadon butuh sedikit bimbingan. Dia anak yang hebat, juga di luar lapangan. Benar kalau saya akrab dengannya," ujar Can kepada Sky Germany.

"Dia hanya harus sedikit lebih pintar soal hal-hal seperti ini. Setiap orang butuh penata rambut. Dia harus lebih dewasa. Dia tidak boleh membuat kesalahan seperti itu di masa depan."

Can menyebut Sancho pada akhirnya sadar bahwa seorang pesepakbola terikat banyak hal. Dia pun menilai Sancho tak merugikan pihak klub.

"Kami sebagai tim juga bertanggung jawab. Kami tidak kesal dengannya. Kami tahu dia harus lebih disiplin dalam beberapa hal. Tapi dia juga tahu itu kok."

Terakhir, Can meminta media-media tak membesarkan persoalan ini. Dia yakin, Sancho didenda atas dasar ketidaksengajaan.

"Saya kira dia tidak melakukan ini dengan sengaja untuk menciptakan skandal. Mungkin dia tidak menyadarinya, mungkin dia memercayai terlalu banyak orang dalam beberapa hal. Dia butuh pembimbing. Itulah di mana lingkungan sangat penting," katanya. (bsf)