Anne: Penanggulangan Covid-19 Perlu Dukungan Seluruh Pihak

Anne: Penanggulangan Covid-19 Perlu Dukungan Seluruh Pihak
Foto: Asep Mulyana

INILAH, Purwakarta – Pemkab Purwakarta terus berjibaku untuk melakukan serangkaian upaya penanggulangan dampak dari penyebaran Covid-19 di wilayahnya. Bahkan, upaya pencegahan ini pun dilakukan secara guyub seluruh lapisan masyarakat.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menuturkan, dalam upaya penanggulangan wabahvirus orona ini pemerintah tak bisa bekerja sendiri. Melainkan, perlu dukungan dari banyak pihak. Termasuk, kesadaran dari seluruh lapisan masyarakat.

“Dalam penanggulangan Covid-19 ini, kita Kita harus bersama-sama bergandengan tangan. Karena, pemerintah tak bisa bekerja sendiri. Artinya perlu dukungan dari semua pihak,” ujar Anne kepada INILAH, akhir pekan kemarin.

Anne bersyukur, karena sejauh ini sebagian besar lapisan masyarakat di wilayahnya cukup mensuport pemerintah dalam penanggulangan wabah virus tersebut. Bahkan, dukungan ini pun salah satunya datang dari perusahaan swasta yang ada di wilayah tersebut.

“Alhamdulillah, sudah banyak perusahaan-perusahaan yang turut andil membantu pemerintah dalam upaya penanggulangan covid-19. Dari mereka, ada yang memberi bantuan APD, hingga menghibahkan ambulan khusus untuk pasien covid,” jelas dia.

Tak hanya itu, Anne pun mengapresiasi kepedulian para pegawai di lingkungan pemerintahan, baik yang ada di lingkungan Setda, dinas/OPD hingga pemerintahan tingkat desa. Hal mana, para abdi Negara ini rela tanggung renteng mensuport untuk membantu masyarakat yang terdampak.

“Di lingkungan pemerintahan, kami telah menguatkan komitmen dengan seluruh parangkat kerja yang ada untuk melakukan bakti sosial kepada masyarakat,” tambah dia.

Dalam hal ini, sambung dua, para pegawai khususnya yang berstatus ASN yang mendapat tunjangan kerja dinamis (TKD), harus menyumbang kecilnya Rp 100 ribu. Nanti, subangan itu dikordiniri oleh masing-masong dinasnya.

“Uang yang terkumpul dari bantuan ASN ini akan dibelanjakan sembako. Target kami, bisa menyiapkan 6.000 paket sembako untuk masyarakat yang terdampak Covid, namun belum tersentuh Bansos dari manapun,” pungkasnya. (Asep Mulyana)