Warga dan Aparatur Wilayah Bogor Barat Gulirkan Donasi Lauk dan Sayur

Warga dan Aparatur Wilayah Bogor Barat Gulirkan Donasi Lauk dan Sayur
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Di setiap kelurahan, Kecamatan Bogor Barat menggulirkan program solidaritas warga dalam membantu sesama dengan gerakan donasi lauk dan sayur. 

Camat Bogor Barat Juniarti Estiningsih mengungkapkan Gerakan Donasi Lauk dan Sayur itu merupakan inisiasi dari perangkat RW 10, Kelurahan Menteng dan diterapkan di seluruh wilayah Bogor Barat. 

"Kegiatannya dari prakarsa warga. Warga yang punya rezeki lebih mendonasikan untuk membantu warga yang membutuhkan. Ada yang memberi donasi sayur, ada yang donasi minyak sayur, ada yang donasi ikan, ada juga yang berupa uang untuk selanjutnya dibelikan lauk pauk lainnya," tuturnya, Minggu (7/6/2020).

Esti menjelaskan, di wilayah Kelurahan Menteng ada dua RW yang melakukan gerakan serupa. Selain RW 10 ada juga di RW 18 sebagai inisiator. 

"Alhamdulillah bersyukur karena di masa pandemi ini banyak warga yang makin menunjukan solidaritasnya. Kegiatan ini dilakukan tiga kali dalam satu minggu dan sudah berjalan sejak Maret 2020. Setiap kali membagikan bisa mencapai lebih dari 200 orang," sebutnya. 

Inisiasi tersbeut mendapat perhatian Wali Kota Bogor Bima Arya saat meninjau langsung pembagian donasi di Gang Kelor, Kelurahan Menteng, Bogor Barat.

Bima mengatakan, dirinya mengapresiasi gerakan dari warga dan aparatur wilayah Bogor Barat. Ditengah pandemi ini rantai kebaikan terus tersambung demi saling bantu sesama. 

"Selalu ada jalan untuk berbagi. Ini cara keren warga RW 10 Gang Kelor, Kelurahan Menteng, Kecamatan Bogor Barat untuk menunjukan solidaritasnya," ucapnya.

Bima melanjutkan, ini diberi nama Gerakan Donasi Lauk dan Sayur. Warga menyumbang lauk, sayuran dan kebutuhan pokok lainnya hingga dikumpulkan diareal masjid atau tempat lainnya. 

"Setiap warga yang membutuhkan bisa mengambil tiga jenis secara gratis, salah satu jenis yang wajib diambil adalah sayur mayur. Saya imbau dalam pembagian untuk tetap berlakukan protokol kesehatan, masker, jaga jarak dan cuci tangan," tambahnya. (Rizki Mauludi)