PSBB Proposional, Ade Minta Pengelola Mal Disiplin Lakukan Hal Ini

PSBB Proposional, Ade Minta Pengelola Mal Disiplin Lakukan Hal Ini
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Bogor - Bupati Bogor Ade Yasin meminta para pengelola mal disiplin dalam melaksanakan physical distancing hingga kebersihan. Hal itu dia katakan saat simulasi operasional Cibinong City Mall (CCM).

"Setelah melihat simulasi operasional CCM, saya meminta mereka disiplin dalam melaksanakan physical distancing, menjaga kebersihan, pengecekan kesehatan lalu kewajiban memakai masker kepada semua pihak yang ada di mal," pinta Ade kepada wartawan, Minggu (7/6).

Dia menambahkan, bagi pengelola mal atau tenan, kapasitas pengunjung harus dipangkas 50 persen dari total kapasitas. Kalau dilanggar maka Pemkab Bogor siap memberikan sanksi.

"Pengunjung mal atau tenan pastinya harus dibatasi dan jika dilanggar maka sanksi denda Rp5-10 juta siap diberikan kepada pengelola atau pemiliknya," tambahnya.

Ade menuturkan jika pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) proposional  tingkat disiplin masyarakat terbilang rendah dan tingkat penyebaran wabah virus corona meningkat maka jajarannya akan kembali menerapkan PSBB seperti sebelumnya.

"Jika dalam masa PSBB proposional ini masyarakat sulit diatur dan malah memperbesar resiko penyebaran wabah Covid-19 maka kita akan kembalikan aturan sesuai PSBB sebelumnya, dimana kita larang mall untuk tutup operasional kecuali tenance yang menjual makanan, minuman dan farmasi," tutur Ade.

Salah satu pengelola CCM yang tak mau disebutkan namanya kesiapan operasional mal tergantung para pengelola tenan. Mengenai kesiapan pencegahan penyebaran wabah Covid-19, jajarannya sudah menyusun standard operating procedures (SOP).

"SOP operasional mal sudah disesuaikan dengan situasi pandemi Covid-19, karena Pemkab Bogor sudah menyetujui PSBB proposional maka pembukaan CCM tergantung kesiapan para pengelola tenan," tukasnya. (Reza Zurifwan)