Cara Efektif Bersihkan Keyboard Komputer di Rumah

Cara Efektif Bersihkan Keyboard Komputer di Rumah
istimewa

SETELAH sekitar tiga bulan terakhir sering bekerja dari rumah, Anda mungkin semakin menyadari bahwa keyboard perangkat komputer atau laptop yang Anda gunakan perlu lebih sering dibersihkan demi menjaga kesehatan.

Mungkin Anda seringkali beraktivitas di depan komputer/ laptop seraya makan kudapan sehingga ada remah-remah makanan yang tertinggal atau membuat keyboard berminyak.

Sebelum membersihkan keyboard, pastikan tangan Anda bersih dan perangkat dalam keadaan mati dan tidak tersambung ke listrik.

Berikut cara efektif membersihkan keyboard, seperti dikutip dari CNET:

1. Hilangkan kotoran

Untuk menghilangkan kotoran yang besar, misalnya remah-remah makanan, pegang keyboard, atau laptop, dan balikkan selama beberapa detik agar kotoran jatuh.

Tepuk-tepuk bagian belakang keyboard atau guncang pelan supaya kotoran yang tersangkut jatuh.

2. Penghilang debu

Gunakan semprotan penghilang debu atau compressed air untuk mendorong debu yang lebih kecil.

Semprot seluruh sisi tombol keyboard dengan compressed air, namun, jangan pernah masukkan udara ke dalam keyboard karena bisa merusak komponen.

Beberapa studi menyatakan keyboard lebih kotor dari dudukan toilet sehingga perlu disinfektan untuk membersihkannya. Namun, hindari menggunakan disinfektan yang mengandung pemutih.

Basahi lap bersih dengan disinfektan, atau alkohol, jangan terlalu banyak agar cairan tidak menetes ke dalam tombol keyboard.

Setelah melap semua permukaan keyboard, balikkan perangkat selama beberapa detik agar cairan yang tertinggal bisa keluar.

Tunggu sampai kering, kemudian sambungkan kembali keyboard ke perangkat.

4. Copot tombol

Jika mungkin, pengguna bisa mencopot tombol keyboard agar bagian dalam juga dibersihkan. Sebelum mencopot, pastikan untuk mencari tahu apakah perangkat yang digunakan memang bisa dilepas.

Setelah tombol lepas, bersihkan bagian dalam dengan cottonbud atau tusuk gigi. Sementara untuk tombol, rendam di air sabun atau lap dengan disinfektan.

Pastikan tombol sudah benar-benar kering sebelum dipasang kembali. (inilah.com)