Klinik Bersalin Bersuasana Homey untuk Persalinan di Masa Pandemi Covid-19

Klinik Bersalin Bersuasana Homey untuk Persalinan di Masa Pandemi Covid-19
(Istimewa)

INILAH, Bandung- Di masa Pandemi Covid-19 ini, terdapat lebih dari 400.000 kehamilan di Indonesia yang tak direncanakan. Catatan tersebut berdasarkan data Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pada Selasa 19 Mei 2020 lalu. 

Manajer Brawijaya Clinic Bandung, dr Fairuz mengatakan, agar proses persalinan berjalan lancar terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi. Namun paling utama, calon ibu harus memiliki perasaan tenang dan nyaman kendati dewasa ini masyarakat tengah kalut dengan adanya penyebaran virus Corona. Karena itu, suasana fasilitas kesehatan pun menjadi hal yang harus pertimbangkan. 

Dia mencontohkan, pada klinik persalinan di Brawijaya Clinic Bandung mengedepankan desain dengan suasana 'Homey' agar dapat memberikan aura yang nyaman dan tenang.

"Sehingga dapat membuat proses persalinan berlangsung lancar,"  ujar Fairuz melalui rilis yang diterima,  Senin (8/6/2020). 

Klinik persalinan atau Maternity Clinic ini merupakan layanan paling anyar di Brawijaya Clinik Bandung. Adapun layanan kesehatan yang sudah tersedia sebelumnya, yaitu klinik kandungan dan kebidanan (obgyn), klinik Anak (pediatric), klinik penyakit dalam (interna medicine), klinik psikologi (psychology), klinik umum, klinik gigi (dental) dan klinik tumbuh kembang Anak (children growth and development clinic). 

Menurut Fairuz ada pula hal lain yang membuat calon ibu bayi tenang, yaitu mengenai SDM tenaga medis dan peralatan kesehatan yang memadai. 

"Di klinik ini para dokter  kebidanan dan kandung (obgyn) yang sudah berpengalaman dibidangnya dilengkapi dengan penggunaan teknologi USG 3 dan 4 Dimensi  untuk mendeteksi status kesehatan janin dan bayi dalam kandungan," katanya. 

Dia menyampaikan, klinik Persalinan ini menjadi bagian dari pelayanan kesehatan yang terintegrasi di Brawijaya Clinic Bandung, khususnya dengan klinik tumbuh kembang anak. Klinik tumbuh kembang anak memberikan pelayanan mulai dari  diagnosa, terapi, pemantauan, dan intervensi secara dini berbagai masalah gangguan tumbuh kembang anak sejak bayi lahir sampai berusia 18 tahun. 

Menurut Fairuz, klinik yang terintegrasi ini  sejalan dengan Peraturan Kementerian Kesehatan no 66 tahun 2014 tentang pemantauan pertumbuhan, perkembangan dan gangguan tumbuh kembang anak, bahwa pelayanan kesehatan tumbuh kembang anak merupakan salah satu dari 17 jenis upaya kesehatan yang harus terselenggara secara terpadu, menyeluruh dan berkesinambungan di fasilitas kesehatan. Dengan begitu, bayi mendapatkan layanan mulai dia lahir sampai berkembang dari dokter ahli yang punya kualifikasi di bidangnya.

“Bagi pasien existing Brawijaya Clinic Bandung , layanan ini telah terintegrasi dengan data rekam medis yang aman. Dengan demikian, dokter  dapat memberikan arahan yang lebih komprehensif berdasarkan riwayat medis pasien," pungkasnya. 

Sementara dari sisi kapasitas, klinik persalinan Brawijaya Clinic Bandung memiliki lima tempat tidur yang terdiri dari tiga kelas VIP dan satu kelas I atau satu kamar berbagi dengan 1 pasien lain. (riantonurdiansyah)