Belum Genap 14 Hari, Pasar Sumber Cirebon Kembali Dibuka

Belum Genap 14 Hari, Pasar Sumber Cirebon Kembali Dibuka

INILAH, Cirebon - Bupati Cirebon, Imron, secara resmi membuka kembali aktivitas Pasar Sumber, setelah sempat ditutup sejak 29 Mei 2020. Pembukaannya sendiri dilakukan Selasa kemarin, menjelang magrib.

Bupati Imron mengatakan, pembukaan ini lebih cepat dibandingkan rencana sebelumnya yaitu 11 Juni 2020. Namun ia memastikan, pembukaan itu sudah berdasarkan sejumlah kajian.

"Karena ini berdasarkan masukan dari sejumlah unsur, termasuk juga dari gugus tugas covid-19 Kabupaten Cirebon," kata Imron.

Walaupun sudah resmi dibuka, Imron tetap mengingatkan kepada para pedagang dan masyarakat yang berkunjung ke Pasar Sumber, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Untuk memastikan adanya penerapan protokol kesehatan di Pasar Sumber, pihaknya juga akan menyiagakan petugas, yang memastikan protokol kesehatan tersebut berjalan, serta memasang sejumlah rambu-rambu imbauan.

"Nanti ada petugas yang mengatur pintu keluar dan pintu masuk. Serta mengingatkan kepada pengunjung, untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan,"ujarnya.

Imron menegaskan,  pembukaan Pasar Sumber ini, bukan dikarenakan adanya tekanan dari sejumlah pihak. Menurutnya, selain ada masukan dari berbagai unsur, pihaknya juga sudah melakukan evaluasi, terkait rencana pembukaan ini.

Ia melihat, sudah banyak yang dilakukan untuk menangani penyebaran virus covid-19 di Pasar Sumber. Salah satunya, yaitu sudah dilakukan penyemprotan disinfektan oleh gugus tugas sebanyak dua kali.

"Berdasarkan masukan dari gugus tugas dan Dinas Kesehatan, menyatakan bahwa Pasar Sumber sudah layak dibuka," katanya.

Imron berharap, dengan dibukanya Pasar Sumber ini, perekonomian diwilayah Sumber dan sekitarnya bisa kembali bergerak. Pasar Sumber ini, akan kembali beroperasi, mulai dari jam 02.00 hingga pukul 12.00 WIB. (maman suharman)