Modal KTP Palsu 2 Pelaku Gasak Uang Nyaris Rp 1 M

Modal KTP Palsu 2 Pelaku Gasak Uang Nyaris Rp 1 M
ilustrasi

INILAH,  Jakarta - Aksi dua pelaku penipuan berkedok kartu kredit merugikan sejumlah bank akhirnya kandas. Dari aksi dua sekawan berinisial AA (48) dan YPR (48) ini uang senilai Rp937 juta berhasil dibawa kabur.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto, mengatakan keduanya sudah beraksi sejak tahun 2019, dengan cara mengajukan kartu kredit menggunakan identitas palsu ke beberapa bank.

"Total uang yang mereka raih dari modus ini mencapai Rp937 juta atau hampir Rp1 miliar. Mereka mendapatkan identitas orang lain dari oknum dengan modal Rp12.000," kata Heru.

Dari tangan pelaku, polisi mengamankan 43 kartu kredit dari berbagai bank. Selain itu 64 ponsel, 43 dokumen pengajuan kartu kredit, satu unit mobil Kijang Inova, dan satu notebook milik pelaku turut diamankan polisi.

Akibat perbuatan keduanya yang meraih uang hampir Rp 1 miliar ini, kedua pelaku dijerat Pasal 263, Pasal 378, dan 372 KUHP, tentang pemalsuan, penipuan, dan penggelapan. ancaman hukuman maksimal di atas lima tahun penjara. (inilah.com)